Pengertian Tentang ISO 45001 Adalah Sistem Manajemen K3

Iso 45001 adalah sebuah standar bertaraf internasional yang biasa diterapkan di berbagai organisasi atau perusahaan. Standar ini ditetapkan untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja atau yang biasa disingkat dengan SMK3.

Adanya standar ini digunakan untuk memungkinkan organisasi aktif dalam melakukan pencegahan kecelakaan kerja. Hal ini ditujukan untuk dapat menanggulangi semakin meningkatnya jumlah penyakit, kecelakaan hingga kematian yang ada di tempat kerja.

Tabel Konten
Pengertian Tentang ISO 45001 Adalah Sistem Manajemen K3
Pengertian Tentang ISO 45001 Adalah Sistem Manajemen K3

Apa Pengertian Dari ISO 45001

Apa yang dimaksud dengan iso 45001? Ini adalah standar internasional yang mengatur tentang adanya sistem kesehatan dan keselamatan kerja. Biasanya lebih dikenal dengan K3 dalam lingkungan organisasi atau instansi.

Adanya penerapan standar ini bertujuan agar membuat organisasi atau perusahaan untuk melaksanakan serta mengevaluasi sistem manajemen K3. Sehingga secara aktif dapat mencegah kecelakaan serta dampak kesehatan oleh para pekerja.

Bahkan iso 45001 adalah sebuah standar yang digunakan untuk menjamin kesehatan serta keselamatan pekerjanya. Bahkan dalam hal ini memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan produktivitas serta kenyamanan dalam bekerja.

Penetapan atau penerapan iso 45001 tidak hanya digunakan untuk organisasi atau instansi besar saja. Bahkan penerapannya dapat dilakukan dari berbagai jenis bidang industri. Karena kesehatan serta keselamatan kerja diperlukan untuk setiap instansi.

Pengendalian Risiko 45001 Tentang Manajemen K3

Apa saja pengendalian risiko ini, sebagai dasar wajib untuk dipahami oleh instansi?

1. Eliminasi

Eliminasi bisa diartikan juga sebagai penghilang bahaya. Sebagai salah satu contoh tindakan eliminasi yang bisa dilakukan adalah mengganti bahan kimia berbahaya. Bisa juga digunakan dalam penerapan ergonomi dalam sebuah perencanaan kerja.

Dapat juga digunakan untuk mengeliminasi jenis-jenis pekerjaan yang dapat memiliki dampak negatif untuk para pekerjanya. Sehingga iso 45001 adalah hal yang berguna untuk para pekerja dan menghilangkan aktivitas lain yang dinilai cukup berbahaya dan berdampak buruk.

2. Substitusi

Substitusi ini dapat diartikan dengan penggantian atau mengganti sesuatu yang berbahaya. Atau sesuatu yang memiliki risiko bahaya yang rendah. Sebagai contoh bisa mengganti bahan dasar cat yang digunakan dari solven menjadi bahan berbasis air.

Atau dapat juga mengganti permukaan yang sedikit agak kasar supaya tidak membahayakan pekerja. Karena akan banyak pekerja yang berjalan di atasnya.

3. Reorganisasi

Maksud reorganisasi dalam iso 45001 adalah sebagai pemberian perlindungan secara kolektif untuk seluruh pekerjanya. Sebagai contoh implementasinya adalah seperti perlindungan mesin, mengurangi kebisingan yang terjadi di ruang lingkup pekerja.

Tujuan Diterapkannya Iso 45001 Bagi Perusahaan

Apa tujuan penerapan iso 45001 bagi perusahaan? Simak tujuannya berikut ini.

1. Menumbuhkan Kesadaran Terkait Risiko

Perusahaan atau institusi yang menerapkan sistem iso 45001 dapat bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran terkait risiko. Atau dapat juga menghindari bahaya di lingkungan perusahaan untuk seluruh karyawan.

2. Mencegah Kecelakaan Saat Kerja

Selanjutnya untuk tujuan iso 45001 ini bisa digunakan sebagai pencegah kecelakaan saat kerja. dalam menerapkannya itu berarti sistem manajemen K3 dalam organisasi dapat menyusun proses yang sistematis.

Dengan begitu maka akan dapat mencegah kecelakan kerja atau adanya penyakit akibat kerja. Dapat diperhitungkan risiko serta bahaya yang ada di setiap prosesnya. Serta persyaratan dalam hukum yang terkait dengan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan saat kerja.

3. Mengelola Risiko

Selanjutnya dalam iso 45001 tahun 2015 bertujuan untuk membangun pengendalian serta mengelola risiko. Kemudian untuk mencegah bahaya serta dalam aspek hukum serta pengaturan terkait dalam penerapan sistem manajemen K3.

4. Pekerja Dituntut Aktif Dalam Penerapan K3

Adanya iso 45001 ini bertujuan untuk membuat pekerja berperan aktif dalam melaksanakan penerapan sistem manajemen K3. Sehingga bukan hanya perusahaan saja yang bekerja atau berperan aktif dalam penerapannya.

5. Mengevaluasi Kinerja

Selanjutnya organisasi atau institusi perusahaan yang menerapkan sistem manajemen K3 bertujuan untuk mengevaluasi kinerja. Evaluasi ini ada untuk dapat terus diperbaiki sistemnya secara terus menerus.

6. Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Dengan adanya iso 45001 adalah maka akan banyak pekerja yang terjamin kesehatan dan keselamatan kerjanya. Maka dari itu ini juga bisa menjadi tujuan adanya sistem manajemen K3 ini. Supaya karyawan juga puas akan sistem manajemen perusahaan.

Klausul Yang Ada Pada Iso 45001 Tahun 2018

Apa saja klausul iso 45001 2018? Berikut ini penjelasan mengenai klausulnya:

1. Ruang Lingkup

Secara garis besar ruang lingkup untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari occupational health and safety. Digunakan sebagai perisai untuk dapat melindungi pekerja dari ancaman bahaya saat bekerja.

2. Acuan Normatif

Selanjutnya untuk sistem iso 45001 adalah tidak mengatur secara khusus mengenai acuan informatif ini. Hal ini dapat dikembalikan lagi dengan kebijakan perusahaan, yang sifatnya normatif.

3. Istilah Atau Pengertian

Dalam iso 45001 tahun 2018, dalam klausul 1 sampai 3 tidak menjadi persyaratan utama dalam penerapan sistem ini. Namun, keberadaannya tetap menjadi penting sebagai landasan referensi. Sehingga akan lebih memudahkan untuk merumuskan sistem K3 yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Konteks Organisasi

Klausul juga mendefinisikan bagaimana perusahaan untuk mampu memahami kebutuhan serta ekspektasi pekerja. Sehingga keamanan serta kesehatan dalam bekerja menjadi lebih baik.

Selain apa saja kebijakan K3, dalam klausul ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Seperti fasilitas yang diberikan kepada pekerja, regulasi, kontrak dengan supplier serta faktor lainnya.

5. Kepemimpinan Serta Partisipasi Pekerja

Inti utama dari adanya ISO 45001 2018 ini, diharapkan perusahaan melalui pihak manajemennya dapat berperan aktif. Berperan untuk menjelaskan, mensosialisasikan serta mampu berkomitmen dalam menerapkan iso.

Sehingga dalam iso 45001 adalah manajemen melalui kemampuan kepemimpinan nya harus mampu memotivasi seluruh pekerja. Ini bertujuan agar seluruh pekerja dapat berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan yang aman dan sehat.

6. Perencanaan

Untuk dapat mengajak seluruh pekerja dan tim berpartisipasi. Maka perlu dilakukannya pengenalan kepada pekerja dan tim mengenai aspek-aspek yang berhubungan dengan pengimplementasian sistem tersebut.

Sehingga perusahaan diminta untuk melibatkan seluruh pekerjanya dalam perencanaan tersebut. Sehingga dapat memahami nantinya apabila adanya potensi bahaya di tempat kerja. serta perencanaan ini untuk dapat memenuhi persyaratan hukum yang berlaku.

7. Dukungan

Selengkapnya, bagaimana cara perusahaan untuk tetap bisa mencapai tujuannya dalam berbisnis melalui iso 45001. Menurut klausul, perusahaan dapat melakukannya dengan berfokus kepada faktor-faktor yang ada.

Seperti berfokus kepada, sumber daya manusia, kompetensi, kesadaran serta komunikasi. Komunikasi ini dilakukan baik internal maupun eksternal yang nantinya akan didokumentasikan secara serius, sebagai bukti otentik.

8. Operasi

Selanjutnya dalam klausul, operasi itu dapat mencakup kontrol operasional. Juga untuk persiapan terhadap respon melalui peristiwa yang sifatnya darurat. Sehingga perusahaan dan pekerja seharusnya sama-sama memahami cara untuk mengatasi risiko atau bahaya.

Untuk dapat paham mengenai iso 45001 coba gunakan konsultan terpercaya di pusatskk.com. Termasuk untuk dapat mengetahui berapa biaya sertifikasi iso.

Demikianlah untuk tahu iso 45001 adalah sistem manajemen K3 untuk singkatnya. Sehingga perusahaan yang telah menggunakan iso 45001 diharapkan dapat meminimalisir kecelakaan saat kerja.

Hubungi Kami
Hubungi Kami
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO