Mengenal Lembaga Sertifikasi ISO dan Rentang Standarnya

Lembaga sertifikasi ISO – ISO merupakan Lembaga atau organisasi internasional untuk standarisasi suatu perusahaan. Lembaga sertifikasi ISO akan menetapkan standar untuk suatu bisnis dalam beberapa hal. Seperti kualitas, keselamatan, dan lingkungan sistem manajemen pada suatu perusahaan.

Dengan adanya sertifikasi ISO, tentunya akan meningkatkan reputasi layanan atau produk organisasi atau perusahaan tersebut. Dengan begitu, International Organization for Standardization (ISO) akan memegang peranan penting dalam perusahaan anda.

Peranan penting seperti apa yang dimaksud? Artinya, Dengan adanya sertifikasi ISO, kredibilitas perusahaan anda akan diukur sesuai standar ISO. Tujuannya adalah untuk persaingan bisnis secara global dan bentuk dalam peningkatan sistem manajemen mutunya.

Tabel Konten
Mengenal Lembaga Sertifikasi ISO dan Rentang Standarnya
Mengenal Lembaga Sertifikasi ISO dan Rentang Standarnya

Baca Juga : Jenis-Jenis iso

Manfaat Menerapkan ISO Pada Perusahaan

Perusahaan atau organisasi yang menggunakan lembaga sertifikasi ISO sebagai pedomannya kemungkinan memenangkan pasar akan besar. Mengapa demikian? Karena, jaminan kualitas dari produk/jasa yang ditawarkan akan brand terkait sudah dipercaya.

Dengan mempunyai sertifikasi ISO, perusahaan atau organisasi yang anda pimpin akan berjalan sesuai dengan sistem. Kenapa? Karena perusahaan yang baik akan bergantung pada sistemnya bukan kepada orangnya.

Berikut beberapa manfaat dalam menerapkan ISO pada perusahaan anda:

  1. Perusahaan anda akan diaudit secara periodik jika sudah terdaftar pada lembaga sertifikasi ISO
  2. Terbukanya kesempatan untuk pasar baru. Karena, akan memudahkan pelanggan dalam mencari pemasok yang bersertifikat ISO
  3. Menjadi acuan kerja bagi karyawan sehingga minim kesalahan ketika bekerja
  4. Meningkatkan mutu yang positif bagi organisasi/perusahaan
  5. Sebagai bukti sistem yang terlaksana dan penelusuran jika terjadinya kesalahan dalam bekerja
  6. Untuk menghindari perbedaan pendapat dalam bekerja meskipun pekerjaan berbeda. Namun, bisa mendapatkan hasil yang sama
  7. Menjadi catatan untuk generasi yang akan datang setelahnya

Lembaga sertifikasi ISO di Indonesia tentunya sangat banyak dan beragam. Hal ini didasarkan pada rentang standar ISO dan harga yang ditetapkan. Berapa harga membuat ISO? Tentunya beragam disesuaikan dengan rentang standar ISO yang akan diterapkan pada perusahaan anda.

Manfaat dari Adanya ISO 9001 Bagi Perusahaan

Sempat disebutkan sebelumnya, bahwa ISO 9001 adalah jenis sertifikasi ISO yang sangat penting bagi perusahaan. Salah satunya, karena sertifikasi ini dapat berpengaruh langsung pada reputasi perusahaan di mata konsumennya.

Namun, ternyata manfaat dan pentingnya pembuatan ISO 9001 ini tidak terbatas pada branding saja. Ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan oleh perusahaan yang memiliki ISO jenis ini. Tentu saja, hal inilah yang membuat jenis sertifikasi ini begitu penting.

Jika sebuah perusahaan dan produk yang dibuatnya telah mendapatkan pengakuan dari badan jaminan mutu. Tentu saja, hal ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dibuat. Tidak hanya itu saja, kinerja keseluruhan dari perusahaan dapat meningkat.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan mengenai manfaat apa sajakah yang didapatkan perusahaan. Jika, perusahaan memiliki dan segera mengurus ISO 9001 untuk bagian produksinya.

  • Brand dari produk akan semakin kuat posisinya di mata konsumen karena adanya jaminan mutu yang terakui.
  • Organisasi dan perusahaan akan lebih terarah karena adanya penerapan sistem yang rapi sesuai dengan standar ISO yang sudah ditetapkan.
  • Adanya proses pengembangan dan perbaikan terhadap produk yang dihasilkan secara berkesinambungan karena termasuk bagian dari ketentuan ISO.
  • Bisnis lebih mudah dimonitoring dan perkembangannya dapat diawasi dengan lebih mudah.
  • Kinerja perusahaan dapat ditingkatkan karena adanya jaminan mutu yang harus dipenuhi.
  • Sistem manajemen dalam perusahaan bisa lebih baku karena adanya ketentuan dari ISO 9001.
  • Tingkat kepercayaan calon konsumen atau pengguna produk dijamin akan semakin meningkat dan menarik banyak konsumen baru bagi
  • Memberikan jaminan pada mutu dan kualitas baik barang maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
  • Reputasi perusahaan otomatis akan menjadi lebih baik. Tidak hanya di mata konsumen maupun calon konsumen. Namun juga, di mata rekan bisnis atau mitra strategis lainnya. Jadi, sertifikasi ini akan memudahkan pihak perusahaan untuk menjalin kerja sama.

Ternyata banyak sekali manfaat pembuatan ISO bagi perusahaan. Terutama, untuk sertifikasi ISO 9001, tidak hanya berkaitan dengan branding saja namun juga kualitas perusahaan secara keseluruhan.

Rentang Standar Sertifikasi ISO

Sertifikasi ISO memiliki banyak rentang yang digunakan untuk keperluan manajemen mutu suatu perusahaan. Apa saja rentangnya? Berikut penjelasannya!

1. Sertifikasi ISO 9001

Sertifikasi 9001 merupakan sertifikasi ISO yang berpusat pada standar manajemen mutu dan layanan pelanggan. Sertifikasi ini memastikan bahwa perusahaan/organisasi menawarkan produk yang berkualitas. Serta, produk tersebut dapat memenuhi harapan pelanggannya.

Jika anda sudah memiliki sertifikasi ISO 9001, artinya perusahaan anda telah berhasil memenuhi harapan pelanggannya. Selain itu, sertifikasi ini juga mempunyai beberapa prinsip utamanya, diantaranya adalah:

  • Fokus pada pelanggan dan kepuasannya
  • Kepemimpinan dan keterlibatan orang
  • Pendekatan proses, sistem manajemen, dan faktual untuk mengambil keputusan
  • Perbaikan terus-menerus
  • Hubungi pemasok yang saling menguntungkan satu sama lain

Daftar Lembaga sertifikasi ISO 9001 di Indonesia yang dapat membantu anda untuk mendapatkan sertifikatnya adalah:

  1. SGS Indonesia
  2. Sucofindo
  3. Asia Cipta Management
  4. TUV Rheinland
  5. Worldwide Quality Assurance
  6. United Registrar of Systems

2. Sertifikasi ISO 27001

Sertifikasi 27001 merupakan sertifikasi ISO yang berpusat pada sistem manajemen keamanan informasi (ISMS). Dengan adanya ISO ini, perusahaan maupun organisasi dapat menjaga setiap aset informasinya dengan aman.

Lembaga sertifikasi ISO 27001 salah satunya adalah PT. Integrated Assessment Services yang bisa membantu ada untuk mendapatkan sertifikasi ISO tersebut. Menggunakan lembaga terpercaya  juga akan membantu data perusahaan anda aman dari berbagai ancaman.

Manfaat dari memiliki sertifikasi ISO 27001 adalah:

  • Menjaga dan melindungi informasi organisasi atau perusahaan
  • Dapat melindungi dan mengelola data berharga serta aset informasinya
  • Menjaga kredibilitas informasi supaya tetap aman
  • Memberikan jaminan kepada pelanggan tentang pengelolaan risiko
  • Membantu anda dalam memenuhi persyaratan hukum, dan masih banyak manfaat lainnya

Untuk mencapai sertifikasi ISO 27001, Lembaga Sertifikasi ISO akan melakukan audit sertifikasi terlebih dahulu. Audit dilakukan secara internal maupun eksternal sampai data dianalisis. Jika tahap audit dan analisis berhasil dilakukan, maka anda kumpulkan sertifikatnya.

Selain itu, sertifikat ISO yang sudah dimiliki wajib dipertahankan. Serta, dilakukan audit pengawasan setiap satu tahun sekali.

3. Sertifikasi ISO 14001

Salah satu rentang dari sertifikat yang biasanya ditawarkan oleh lembaga terkait adalah Sertifikasi ISO 14001. Sertifikasi ini berkaitan dengan Environmental Management System (EMS).

Sistem Manajemen Lingkungan pada ISO 14001 bertujuan untuk memberikan perhatian kepada organisasi/perusahaan. Perhatian yang dimaksudkan adalah untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan daya saing antar organisasi/perusahaan.

Manfaat dari Sertifikasi ISO 14001 adalah:

  • Meningkatkan citra organisasi dan lingkungan sekitar termasuk anda didalamnya
  • Mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi dalam hal keunggulan yang kompetitif
  • Reputasi perusahaan dan kepercayaannya meningkat
  • Keterlibatan karyawan didalamnya menjadi meningkat
  • Penyesuaian dengan hukum dan berbagai peraturan lainnya saat ini hingga kedepan

Untuk mencapai sertifikasi ISO 14001, Lembaga Sertifikasi ISO akan melakukan audit internal dan penyusunan data. Setelah itu, dilakukan analisis data hingga tahap audit 1 dan 2 berhasil dilakukan. Jika ada ketidaksesuaian, maka ditutup dan kelola dalam memelihara sertifikasinya.

Saat ini, banyak terdapat lembaga yang sudah terakreditasi secara independent di Indonesia. Dengan banyaknya nama lembaga sertifikasi ISO tentunya didirikan secara internasional. Tujuannya adalah guna menyesuaikan standarisasi ISO yang telah ditetapkan.

Lembaga Sertifikasi ISO di Indonesia pastinya sesuai dengan standar dari organisasi internasional. Karena, itu jika anda menginginkan sertifikasi untuk organisasi atau perusahaan anda, bisa langsung mengunjungi websitenya.

Daftar Lembaga Sertifikasi ISO di Indonesia

Daftar Lembaga sertifikasi ISO di Indonesia dibedakan berdasarkan jenis ISOnya. Ada beberapa daftar Lembaga beserta jenis ISO yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan mutu perusahaan anda. Berikut daftar lembaga yang bisa Anda jadikan referensi:

  1. SGS Indonesia
  2. Sucofindo
  3. Asia Cipta Management
  4. TUV Rheinland
  5. Worldwide Quality Assurance
  6. United Registrar of Systems
  7. DAS Certification
  8. Mutu Certification International
  9. European Quality Assurance
  10. Bureau Veritas
  11. Quality International Certification Ltd
  12. TUV Nord Indonesia
  13. SAI Global
  14. PT Galaxi Sertifikasi Sistem

Rentang sertifikasi ISO tidak hanya ISO 9001, 27001 dan 14001, namun masih banyak rentang ISO lainnya. Diantaranya adalah sertifikasi ISO 45001 tentang Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. ISO 22000 tentang Sistem Manajemen Keamanan Pangan.

Lalu, ISO 50001 adalah tentang Sistem Manajemen Energi. ISO 16949 tentang Sistem Manajemen Mutu khusus sektor otomotif. Selain itu, ada juga sertifikasi ISO 13485 dan 9100D.

Kesimpulan

Setiap Sertifikasi ISO memiliki standar dan tujuan yang berbeda tergantung dengan rentang ISO-nya. Namun, anda tidak perlu khawatir, karena Lembaga Sertifikasi ISO tentunya memiliki semua rentang yang ditawarkan untuk perusahaan maupun organisasi anda.

Dengan begitu, perusahaan maupun organisasi anda dapat berjalan sesuai dengan sistem dan aturan yang berlaku. Jika anda menginginkan Sertifikasi ISO, anda dapat menghubungi website pusatskk.com untuk mendapatkan penawaran yang sesuai. Semoga membantu!

Hubungi Kami
Hubungi Kami
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO