Pengertian ISO 9001 Adalah Apa dan Manfaat Serta Syaratnya

ISO 9001 adalah – Para pelaku usaha pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ISO, salah satunya adalah ISO 9001. ISO 9001 adalah salah satu ISO yang paling penting dan wajib dimiliki oleh perusahaan di berbagai industri. Karena ISO berkaitan langsung dengan mutu produk dan kinerja perusahaan.

ISO sendiri merupakan kependekan dari International Organization Standarization. Merupakan sebuah Lembaga internasional yang mewakili badan-badan standar nasional yang diterapkan di banyak negara.

Melalui lembaga ini, setiap perusahaan bisa mendapatkan pengakuan atau sertifikat berstandar yang menunjukan kinerja perusahaan sesuai dengan aspek tertentu. Hal ini tergantung dengan jenis sertifikasi ISO yang diajukan.

Tabel Konten
Pengertian ISO 9001 Adalah Apa dan Manfaat Serta Syaratnya
Pengertian ISO 9001 Adalah Apa dan Manfaat Serta Syaratnya

Baca Juga : Jenis-Jenis iso

Pengertian dari ISO 9001 Adalah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ISO 9001 merupakan sertifikasi ISO yang paling penting. Karena sertifikasi ini berkaitan langsung dengan mutu produk dan juga kinerja dari perusahaan. Sertifikasi dibutuhkan semua perusahaan baik yang bergerak di bidang jasa maupun produksi.

Secara sederhana, ISO 9001 adalah sertifikasi standar untuk menilai manajemen mutu suatu produk yang diproduksi oleh perusahaan tertentu. Standar ini dibuat untuk menjamin pengalaman dan kepuasaan pelanggan.

Menurut standar ISO 9001 ini, sebuah perusahaan yang memproduksi barang atau jasa tertentu harus menjelaskan secara gambling berbagai aspek pada produk. Aspek yang harus dijelaskan adalah sebagai berikut ini :

  • Menjelaskan sistem operasi dan manajemen dari perusahaan secara rinci berhubungan juga dengan proses produksi yang berlangsung.
  • Menjelaskan aliran dan proses bisnis yang biasa dijalankan oleh perusahaan.
  • Menjelaskan sistem pengawasan atau monitoring yang dijalankan oleh perusahaan. Terutama, dalam proses penangan produksi dan alur kerjanya. Dari proses input barang sampai produk bisa digunakan oleh konsumen.

Semua data ini akan dikumpulkan dan menjadi bahan pertimbangan untuk mengurus ISO 9001 bagi perusahaan. Perusahaan harus mengajukannya pada badan yang terkait untuk mendapatkan sertifikasi tersebut.

Alasan terbesar mengapa jenis ISO ini sangat penting bagi perusahaan. Karena, ISO 9001 adalah yang dapat berimbas pada reputasi perusahaan secara keseluruhan. Dengan mendapat standar ISO ini, maka akan menguatkan branding perusahaan di mata para konsumennya.

Manfaat dari Adanya ISO 9001 Bagi Perusahaan

Sempat disebutkan sebelumnya, bahwa ISO 9001 adalah jenis sertifikasi ISO yang sangat penting bagi perusahaan. Salah satunya, karena sertifikasi ini dapat berpengaruh langsung pada reputasi perusahaan di mata konsumennya.

Namun, ternyata manfaat dan pentingnya pembuatan ISO 9001 ini tidak terbatas pada branding saja. Ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan oleh perusahaan yang memiliki ISO jenis ini. Tentu saja, hal inilah yang membuat jenis sertifikasi ini begitu penting.

Jika sebuah perusahaan dan produk yang dibuatnya telah mendapatkan pengakuan dari badan jaminan mutu. Tentu saja, hal ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dibuat. Tidak hanya itu saja, kinerja keseluruhan dari perusahaan dapat meningkat.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan mengenai manfaat apa sajakah yang didapatkan perusahaan. Jika, perusahaan memiliki dan segera mengurus ISO 9001 untuk bagian produksinya.

  • Brand dari produk akan semakin kuat posisinya di mata konsumen karena adanya jaminan mutu yang terakui.
  • Organisasi dan perusahaan akan lebih terarah karena adanya penerapan sistem yang rapi sesuai dengan standar ISO yang sudah ditetapkan.
  • Adanya proses pengembangan dan perbaikan terhadap produk yang dihasilkan secara berkesinambungan karena termasuk bagian dari ketentuan ISO.
  • Bisnis lebih mudah dimonitoring dan perkembangannya dapat diawasi dengan lebih mudah.
  • Kinerja perusahaan dapat ditingkatkan karena adanya jaminan mutu yang harus dipenuhi.
  • Sistem manajemen dalam perusahaan bisa lebih baku karena adanya ketentuan dari ISO 9001.
  • Tingkat kepercayaan calon konsumen atau pengguna produk dijamin akan semakin meningkat dan menarik banyak konsumen baru bagi
  • Memberikan jaminan pada mutu dan kualitas baik barang maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
  • Reputasi perusahaan otomatis akan menjadi lebih baik. Tidak hanya di mata konsumen maupun calon konsumen. Namun juga, di mata rekan bisnis atau mitra strategis lainnya. Jadi, sertifikasi ini akan memudahkan pihak perusahaan untuk menjalin kerja sama.

Ternyata banyak sekali manfaat pembuatan ISO bagi perusahaan. Terutama, untuk sertifikasi ISO 9001, tidak hanya berkaitan dengan branding saja namun juga kualitas perusahaan secara keseluruhan.

Tahapan Untuk Memperoleh ISO 9001

Setiap industri atau perusahaan yang ingin memasuki persaingan yang lebih luas, pasti membutuhkan sertifikasi di berbagai aspek perusahaannya. Terutama, pada aspek produksi dan jasa yang dihasilkannya.

ISO 9001 adalah jaminan yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk bersaing di pasar yang lebih luas. Karena itu, sangat disarankan bagi perusahaan agar segera mengurus sertifikasi jenis ini agar produknya semakin terjamin mutu dan kualitasnya.

Namun, mengurus jenis ISO ini bukanlah perkara yang mudah. Seperti yang sempat disebutkan, ada beberapa hal dan syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Berikut ini adalah tahapan yang dilakukan untuk memperoleh sertifikasi ISO 9001.

1. Menyiapkan Persyaratan untuk Pengajuan Sertifikasi ISO

Tahap pertama yang harus dilakukan oleh perusahaan tentu saja memenuhi persyaratan untuk mengajukan sertifikasi. Syarat-syarat yang harus disiapkan untuk mengajukan sertifikasi sudah disebutkan pada bagian pengertian ISO 9001 adalah sebelumnya.

2. Menyiapkan Dokumen yang Diperlukan Untuk Pengajuan Sertifikasi ISO

Tentu saja, untuk pembuatan ISO 9001 dibutuhkan banyak sekali dokumen. Oleh, karena itu pihak perusahaan harus menyiapkan dulu dokumen terkait jenis ISO yang disebutkan. Biasanya, dokumen yang disiapkan harus disiapkan dari tahun sebelumnya.

3. Lakukan Evaluasi Sistem Sebelum Melakukan Pengajuan

Sebelum melakukan pengajuan sertifikasi ISO, perusahaan tidak boleh gegabah melakukan pengajuan secara langsung. Lebih baik untuk melakukan evaluasi sistem manajemen secara mandiri terlebih dahulu sesuai dengan standar ISO yang berlaku.

Dengan begitu, perusahaan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001 yang diinginkan. Selalu komponen dalam perusahan harus dipastikan memahami standar apa saja yang perlu dipenuhi untuk mendapatkan sertifikasi.

4. Menggunakan Jasa Konsultan ISO

Akan sulit bagi perusahaan mengajukan sertifikasi ISO sendiri. Apalagi, ISO 9001 adalah ISO yang sulit untuk ditembus. Karena itu, perusahaan juga perlu menggunakan jasa dari konsultan ISO.

Karena itu, selain menyiapkan diri sendiri, perusahaan juga harus memilih jasa konsultan ISO yang baik dan memiliki akses dan koneksi yang luas. Menggunakan jasa konsultan SEO dapat mempermudah dan mempercepat tahapan untuk mendapatkan sertifikasi ISO.

Jasa Konsultan ISO 9001 Untuk Perusahaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, menggunakan jasa konsultan ISO untuk mendapatkan sertifikasi ISO sangat diperlukan oleh perusahaan. Terutama, dalam mendapatkan sertifikasi ISO 9001 yang merupakan sertifikasi paling sulit.

RSS Pusat SKA SKT bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai jasa konsultan ISO perusahaan. Penyedia jasa ini akan menjadi pemandu perusahaan dalam mencapai sertifikasi ISO 9001 yang dibutuhkan.

Dengan panduan RSS Pusat SKA SKT, perusahaan Anda bisa melewati langkah yang tepat untuk mendapatkan sertifikasi ISO. Karena ISO 9001 adalah sertfiikasi yang sangat diperlukan, pihak perusahaan harus lebih teliti dalam memilih jasa konsultan yang digunakan.

Hubungi Kami
Hubungi Kami
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO