Beragam Jenis ISO Dan Manfaat Sertifikat ISO Bagi Perusahaan

Manfaat Sertifikat ISO – ISO merupakan suatu badan yang dapat menetapkan standar internasional. Hal ini terdiri dari wakil-wakil dari badan standarisasi nasional untuk dapat mengikut mutu sebuah perusahaan ataupun organisasi. Lalu apa saja manfaat sertifikat iso?

ISO ini dapat memberikan sertifikasi kelas dunia untuk beragam banyak hal. Termasuk produk, layanan serta sistem dalam sebuah perusahaan untuk memastikan kualitas, efisiensi serta keamanan.

Beragam Jenis ISO Dan Manfaat Sertifikat ISO Bagi Perusahaan
Beragam Jenis ISO Dan Manfaat Sertifikat ISO Bagi Perusahaan

Dalam hal ini perusahaan yang ingin bersaing secara global, maka kredibilitasnya dapat diukur dengan standar ISO. Jadi sertifikat ISO ini dapat digunakan perusahaan sebagai peluang memenangkan persaingan pasar.

Ada beberapa jenis-jenis iso yang menjadi standar umumnya. Karena setiap perusahaan industri memiliki produk yang berbeda. Maka perlu iso yang berbeda juga setiap jenisnya, sehingga akan menjadi lebih efisien untuk memberikan kualitas sebagai sesama produk tersebut.

Baca Juga : Pembuatan ISO

Beragam Jenis ISO

Ini dia beberapa jenis iso yang menjadi standar umumnya. 

1. ISO 9001

Pertama ada standar yang paling banyak diterapkan oleh perusahaan. ISO 9001 menjadi salah satu sistem manajemen mutu yang memiliki karakteristik pendekatan proses. Proses untuk mencapai produktivitas, pengelolaan manajemen risiko serta perbaikan yang berkesinambungan.

Apa saja manfaat dari iso 9001? Iso jenis ini digunakan untuk memperbaiki efektivitas serta manajemen mutu dalam suatu perusahaan. Sehingga perusahaan akan memiliki efektivitas serta manajemen mutu yang positif.

2. ISO 22000

Selanjutnya ada manfaat sertifikat iso 22000 yang digunakan untuk mengatur sistem manajemen keamanan pangan. Iso jenis ini digunakan untuk perusahaan yang memiliki produk makanan atau minuman.

Setiap perusahaan yang ingin mendapatkan standar ini harus melakukan kontrol internal terlebih dahulu. Lalu perlu adanya rencana proses dan pengendalian untuk setiap produknya.

3. ISP/IEC 27001

Selanjutnya ada jenis iso yang digunakan untuk perusahaan aplikasi IT atau sejenisnya. Iso jenis ini merupakan salah satu standar yang mengatur sistem manajemen keamanan informasi. Salah satu manfaat iso bagi konsumen juga.

Karena tentunya data informasi, yang bersifat pribadi itu tentu saja harus rahasia. Maka dari itu ISP/IEC 27001 ini untuk dapat mengatur hal tersebut.

4. ISO 14001

Iso yang berkaitan dengan sistem manajemen lingkungan, maka menggunakan ISO 14001. Berbagai aspek wajib yang perlu dipenuhi, seperti penghematan air, energi, bahan bakar serta tempat pengolahan limbah.

Iso jenis ini bertujuan untuk dapat meningkatkan juga mengembangkan serta mampu menerapkan kebijakan untuk pencegahan. Selain itu juga dipergunakan untuk manajemen lingkungan, untuk pengelolaan pencemaran.

5. ISO TS 16949

Manfaat sertifikat iso jenis ini adalah standar yang berhubungan dengan sistem manajemen mutu untuk industri otomotif. Konsep yang dimilikinya adalah perbaikan berkelanjutan, tindakan pencegahan, serta adanya pengendalian rantai pemasok.

6. ISO 5001

Selanjutnya ada jenis iso yang digunakan untuk perusahaan yang memiliki sistem manajemen energi. Manajemen sistem ini dipergunakan untuk memperbaiki konsumsi energi, kinerja serta efisiensi dalam perusahaan.

Manfaat iso bagi pengusaha ini tentu akan menjadi dampak yang positif dalam masyarakat. Karena pastinya telah memenuhi standar internasional.

7. ISO/IEC 17025

Untuk perusahaan yang bergerak di bidang laboratorium juga perlu memiliki standarnya. Untuk itu iso jenis ini digunakan pada lembaga pengujian atau laboratorium. Hal ini digunakan untuk bertujuan menjamin keakuratan hasil pengujian di bidang kesehatan.

Tentunya untuk bagian pengujian ini harus memiliki standarnya tersendiri. ISO jenis ini juga memiliki tujuan lain. Yaitu untuk perlindungan terhadap konsumen, perdagangan serta produksi.

8. ISO 28000

Selanjutnya ada manfaat sertifikat iso 28000 yang berguna untuk mengatur sistem keamanan pasokan pada perusahaan. Dalam hal ini sistem keamanan pasokan untuk perusahaan yang berisiko tinggi. Seperti halnya di perhotelan, perbankan, pertambangan serta lain sebagainya.

9. ISO 45001

Jenis iso yang satu ini berguna untuk menetapkan standar sistem manajemen K3 dalam perusahaan. ISO 45001 ini bertujuan untuk meningkatkan, mengembangkan serta menerapkan kebijakan untuk dapat mencegah terjadinya kecelakaan saat kerja.

Apakah iso itu penting? Karena iso ini suatu badan yang bisa menetapkan standar internasional. Maka keberadaannya sangat penting sekali dimiliki oleh perusahaan. Lalu apa saja manfaat dari adanya sertifikat iso ini?

10. ISO 37001

Yang terakhir adalah ISO 37001 yang merupakan jenis standar mutu global di dalam penanggulangan kegiatan anti suap. Implementasi ISO 37001 ini akan meliputi penetapan, penerapan, pemeliharaan dan peningkatan program anti suap.

Manfaat Ketika Memiliki Sertifikat ISO

Berikut ini ada beberapa keuntungan atau manfaat ketika perusahaan atau organisasi dari memiliki sertifikat iso.

1. Dapat Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Manfaat sertifikat iso untuk perusahaan yang menerapkan perusahaan manajemen mutu yang telah sesuai dengan standar internasional. Harus mampu menjamin kredibilitas perusahaan. Ini artinya seluruh kegiatan yang ada dalam perusahaan tersebut berada pada standar terbaiknya.

Mengapa iso dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan? Karena perusahaan telah dalam standar yang terbaik. Pada akhirnya itu akan menghasilkan nilai positif dalam hal kepuasan konsumen.

2. Dapat Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Apakah manfaat ISO? Salah satunya dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Ini masih berhubungan dengan meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan. Karena kepuasan pelanggan adalah suatu hal penting.

Maka dengan adanya sertifikat iso ini, pelanggan akan lebih merasa puas dan percaya pada perusahaan. Sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi pelanggan setia perusahaan tersebut.

3. Dapat Menjamin Kualitas Sesuai Standar Internasional

Manfaat sertifikat iso untuk setiap perusahaan yang telah mampu mendapatkannya, maka akan mampu menjamin kualitas sesuai standar internasional. Mengapa bisa menjaminnya? Karena setiap perusahaan yang telah mendapatkan sertifikat standarisasi dari ISO, perlu melalui berbagai tahapan.

Tahapan ini dinamakan dengan PDCA. Yang mana siklus yang diterapkan dalam berbagai jenis industri. Dimana dalam hal tersebut, dilakukannya proses identifikasi, analisis serta eksekusi untuk dapat menyelesaikan masalah dalam menjamin mutu standar internasional.

4. Dapat Menghemat Biaya

Selanjutnya manfaat perusahaan ada sertifikat ISO adalah dapat menghemat biaya. Karena dengan adanya standar ISO ini maka perusahaan akan menerapkan sistem khusus dalam manajemen. Digunakan untuk membantu mengetahui kinerja perusahaan.

Sehingga jika didapatkan adanya indikasi kinerja perusahaan menurun atau produk akan gagal. Maka perusahaan akan segera melakukan upaya untuk dapat mencegahnya. Ini akan mencegah perusahaan mengeluarkan anggaran yang berhubungan dengan kinerja serta produk yang buruk.

5. Dapat Mengoptimalkan Kinerja Dari Karyawan

Selain sertifikat iso bagi perusahaan, maka ada juga manfaat sertifikat iso bagi karyawan. Karena berdasarkan prinsip manajemen mutu, maka seluruh standar tadi ditetapkan untuk dilaksanakan oleh seluruh karyawan.

Untuk itu hal ini dapat memotivasi karyawan untuk tetap dapat menjaga kualitas, efisiensi, serta produktivitas. Ini dilakukan sesuai dengan standar iso yang telah ditetapkan sebelumnya.

6. Dapat Meningkatkan Image Perusahaan

Selanjutnya untuk manfaat sertifikat iso yang dapat dirasakan secara langsung adalah meningkatkan image perusahaan. Dengan begitu perusahaan atau brand perusahaan akan menjadi lebih baik di mata dunia serta mendapatkan citra positif pada masyarakat.

Untuk membuat ISO sekarang bisa dengan mudah. Bisa coba gunakan pusatskk.com untuk mendapatkan sertifikat ISO. Pelayanan yang mudah serta profesional tentu akan Anda dapatkan.

Mengingat pentingnya ISO dalam sebuah perusahaan serta manfaat sertifikat iso juga sangat berpengaruh. Maka lebih baik membuat sertifikat iso di tempat terpercaya.

Hubungi Kami
Hubungi Kami
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO