ISO 10005: Manfaat Serta Macam-Macamnya

ISO 10000 – Apakah Anda tahu apa itu ISO 10005? Kita dapat menjumpai logo atau label ISO dari perusahaan-perusahaan nasional hingga multinasional. Selain mengetahui pengertian ISO, Anda juga harus mengerti kegunaan dan macam-macam ISO untuk menambah wawasan yang dimiliki.

Tabel Konten
ISO 10005 Manfaat Serta Macam-Macamnya
ISO 10005 Manfaat Serta Macam-Macamnya

Apasih ISO 10005?

ISO memiliki kepanjangan International Organization For Standarization. ISO merupakan salah satu perusahaan besar yang umumnya kita tahu seperti UNICEF, WHO dan juga perusahaan besar yang lainnya.

Organisasi Internasional untuk Standardisasi yang menetapkan standar internasional di bidang industri dan komersial dunia serta meningkatkan perdagangan negara-negara yang ada di dunia merupakan salah satu tujuan dari adanya ISO ini.

ISO 10005 yaitu Standar Internasional mengenai manajemen mutu, yang dikhususkan tentang pedoman untuk rencana mutu dengan menetapkan, menerima, meninjau, menerapkan, dan merevisi rencana mutu yang akan dijalankan.

Dokumen yang ada pada jenis ISO satu ini berlaku untuk rencana kualitas untuk setiap keluaran yang diinginkan, baik proses, layanan, produk, kontrak, proyek dan juga jenis atau ukuran organisasi apa pun.

Macam-macam ISO dan Kegunaannya

Setelah mengetahui apa itu ISO dan dan ISO 10005, maka selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah kegunaan dan juga macam-macam ISO. Hal ini dianggap penting agar pengetahuan mengenai ISO lebih baik dan lebih lengkap.

1. ISO 9000

ISO ini memiliki kegunaan dalam memastikan agar mutu perusahaan terus dan dapat mempertahankan kualitasnya baik berupa produk maupun jasa dan tidak berlaku hanya pada satu bidang saja tentunya.

Kegunaan kedua yaitu untuk membantu perusahaan dalam menjamin kepuasan yang akan diterima oleh pelanggan dan juga membantu dalam pengembangan hal baru agar tetap sejalan dan sejalur dengan tujuan yang dimiliki oleh perusahaan.

2. ISO 14001

ISO ini fokus pada keseimbangan lingkungan yang ada. Dengan kegunaan lebih banyak untuk memastikan dan menjamin akan lingkungan sekitar. Selain lingkungan, ISO 14001 juga memperhatikan pada dampak-dampak yang ditimbulkan dari adanya perusahaan tersebut.

3. ISO 28000

Macam-macam ISO yang ketiga yaitu ISO 28000, ISO jenis ini memiliki kegunaan yang berfokus pada keamanan yang ada. Mencakup segala keamanan yang berhubungan dengan perusahaan dan orang-orang yang berhubungan dengan kegiatan yang ada pada perusahaan atau kegiatan usaha.

Beberapa bidang usaha dengan resiko tinggi pasti menggunakan sertifikasi ISO. Bidang yang sering menggunakan ISO ini seperti bidang tambang, perhotelan,perbankan, dan fasilitas umum lainnya.

4. ISO 22000

ISO ini bergerak dan fokus pada bidang pangan, jadi fokus pada makanan dan minuman. Dengan adanya ISO 22000 maka sudah harus dipastikan bahwa produk sudah terjamin keamanannya dan juga siap untuk di konsumsi oleh seluruh pelanggan secara luas dan global.

Baca Juga : Sigma Vs ISO 9000

Manfaat ISO

Tentunya ISO juga memiliki segudang manfaat. Apa saja manfaat-manfaatnya? Yuk simak berikut beberapa di bawah ini!

  1. Meningkatkan kredibilitas perusahaan. Maksudnya yaitu dengan adanya ISO maka perusahaan akan lebih terjamin kredibilitasnya jadi lebih baik.
  2. Meningkatkan kepercayaan konsumen. Dalam bidang usaha yang dibutuhkan pasti konsumen. Jika konsumen merasa percaya, maka akan timbul kepercayaan dari para konsumen dan endingnya adalah perusahaan akan lebih berkembang dan lebih maju untuk kedepannya.
  3. Jaminan kualitas sesuai dengan standar Internasional. Ini penting sekali karena kualitas adalah satu hal yang harus menjadi poin penting dari suatu perusahaan.
  4. Menghemat biaya agar keuangan di perusahaan lebih tertata.
  5. Mengoptimalkan kinerja para karyawan, karena karyawan merupakan bagian penting. Maka dari itu kinerja karyawan harus menjadi hal penting karena merupakan pokok suatu perusahaan.
  6. 6.Meningkatkan image perusahaan. Dengan image yang baik maka perusahaan akan lebih terpercaya dan juga menarik

Penutup

ISO 10005 berfokus pada keutamaan mutu dalam suatu bidang usaha, bagian daripada ISO yang sangat berguna. Selain itu, kini Anda juga sudah mengetahui mengenai macam-macam ISO, kegunaanya dan juga manfaat ISO.

Hubungi Kami
Hubungi Kami
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO