Apakah Sertifikat ISO Berlaku Selamanya? Ini Jawabannya dan 4 Manfaat ISO

Apakah Sertifikat ISO Berlaku Selamanya – Banyak perusahaan bertanya-tanya apakah sertifikat ISO berlaku selamanya. Karena, tidak sedikit perusahaan yang menganggap sekali mengurus sertifikat ISO sudah cukup. Sertifikat tidak perlu diperbarui lagi, karena akan berlaku selamanya dan tidak pernah kadaluarsa.

Namun, anggapan ini tidak valid dan tidak masuk akal. Karena perubahan kualitas dan standar pada perusahaan bisa saja terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Walaupun, perusahaan sudah memiliki sertifikat ISO.

Tabel Konten
Apakah Sertifikat ISO Berlaku Selamanya Ini Jawabannya
Apakah Sertifikat ISO Berlaku Selamanya Ini Jawabannya

Jadi Apakah Sertifikat ISO Berlaku Selamanya?

Jawaban yang paling valid adalah tidak. Semua sertifikat ISO memiliki jangka waktu dan berlakunya masing-masing. Jangka waktu yang paling umum adalah 3 tahun.

Dalam 3 tahun berlakunya sertifikat, badanĀ  sertifikasi tentu saja tidak akan diam saja. Badan sertifikasi akan melakukan audit dan evaluasi pada setiap perusahaan yang memiliki sertifikasi.

Audit dan evaluasi ini dilakukan dalam periode tertentu. Biasanya, setiap 6 bulan atau satu tahun sekali. Tergantung, jenis sertifikasi ISO yang dievaluasi. Selama proses evaluasi ini perubahan sertifikasi bisa saja terjadi.

Misalnya, selama proses evaluasi perusahaan dianggap tidak memenuhi lagi standar dari sertifikasi. Maka, badan sertifikasi akan memulai prosedur pencabutan sertifikasi ISO atau menurunkan status perusahaan.

Jenis-Jenis ISO dan Masa Berlakunya

Selain memang jawaban apakah sertifikat ISO berlaku selamanya adalah tidak. Ada beberapa jenis sertifikasi ISO yang umum di Indonesia. Jangka waktu setiap sertifikasi ini bisa saja sama atau berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis sertifikat ISO dan juga masa berlakunya.

1. Jenis ISO 50001 - 3 Tahun

Jenis ISO ini diberikan pada perusahaan yang dianggap memenuhi kriteria sertifikasi di bidang pengolahan energi. Termasuk, didalamnya adalah sistem manajemen energi. Sertifikasi ini berlaku selama 3 tahun dengan satu tahun sekali audit.

2. Jenis ISO 27001- 3 Tahun

Sertifikasi ini mengatur kelayakan perusahaan berkaitan dengan keamanan sistem informasi di dalamnya. Sistem ini sering juga disebut ISMS. Masa berlaku sertifikasi ini selama 3 tahun dengan audit dilakukan setahun sekali.

3. Jenis ISO 22000 - 3 Tahun

Sertifikasi ini diperlukan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pangan dan teknologinya. Sertifikat ini berkaitan dengan sistem manajemen pangan dengan masa berlaku 3 tahun.

4. Jenis ISO 14001 - 3 Tahun

Sertifikasi ini berkaitan dengan persyaratan-persyaratan sistem manajemen lingkungan. Sertifikasi ini berlaku selama 3 tahun dan auditnya selama satu tahun sekali atau 6 bulan sekali.

5. Jenis ISO 9001 - 3 Tahun

Jenis sertifikasi ini merupakan jenis sertifikasi yang paling mendunia dan paling wajib dimiliki oleh setiap perusahaan. Karena, sertifikasi ini berkaitan dengan standar mutu dan sistem manajemen

Berlaku selama 3 tahun, sertifikasi ini akan dievaluasi dalam waktu 6 bulan sekali. Tergantung jenis perusahaan dan mutunya.

Keuntungan Memiliki Sertifikasi ISO

Sertifikasi ISO sangat diperlukan oleh perusahaan. Ada banyak manfaat sertifikasi ISO yang bisa dirasakan oleh perusahaan, seperti berikut ini.

1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Dengan adanya sertifikasi ISO menunjukkan bahwa perusahaan sudah memenuhi standar yang ditetapkan. Hal ini otomatis meningkatkan kredibilitas dari perusahaan.

Kredibilitas yang meningkat dan jaminan sertifikasi. Dapat meningkatkan kepercayaan klien yang bekerja sama dengan perusahaan.

2. Memberikan Jaminan Kualitas Perusahaan

Perusahaan yang telah memiliki ISO berarti sudah memenuhi kualitas dan standar yang sudah ditentukan. Jadi, pelayanan dan produk yang dihasilkan oleh perusahaan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya oleh klien.

3. Perusahaan Mendapatkan Image Baik

Memiliki ISO dapat memberikan image baik dari perusahaan. Tidak hanya di mata klien saja, image perusahaan bisa meningkat di mata industri secara keseluruhan.

Itulah jawaban apakah sertifikat ISO berlaku selamanya. Ternyata, jawabannya adalah tidak dan ada persyaratan tersendiri agar sertifikasi dapat dipertahankan.

Hubungi Kami
Hubungi Kami
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO