SKA dan SKK Online: Cara Pembuatan, Syarat, dan Biaya

Kini, Sertifikat Keahlian (SKA) atau Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) menjadi hal penting untuk dimiliki sebagian orang. Pasalnya, dengan sertifikat ini, keahlian dan kapabilitas seseorang lebih mudah diakui. Lantas, bagaimana cara membuat SKA dan SKK Online?

Saat ini, pembuatan sertifikat tersebut bisa dibilang cukup mudah dilakukan. Sebab, Anda dapat membuatnya secara online. Meski begitu, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi dalam proses pembuatannya.

Apa saja syarat dan berapa biaya pembuatan SKA online? Anda tak perlu bingung lagi, dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara pembuatan SKA dan SKK online. Maka, pastikan simak informasi selengkapnya berikut ini hingga akhir.

SKA dan SKK Online Cara Pembuatan, Syarat, dan Biaya
SKA dan SKK Online Cara Pembuatan, Syarat, dan Biaya

Apa Yang Dimaksud dengan SKA?

Barangkali masih ada sebagian orang yang masih belum mengetahui tentang apa itu SKA. Nah, SKA merupakan sebuah sertifikat yang menyatakan bahwa seorang karyawan konstruksi telah memenuhi persyaratan sertifikasi. Hal itu berdasarkan keahlian, sektor, dan tak terkecuali disiplin pengetahuan.

Sertifikat keahlian ini diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Kemudian sertifikat tersebut diberikan kepada tenaga ahli konstruksi yang dinilai telah memenuhi persyaratan kompetensi seperti dijelaskan di atas.

Pada akhirnya, SKA dapat digunakan sebagai bukti keahlian dan kapabilitas seseorang dalam sektor atau bidang jasa konselor/kontraktor. Sementara itu, SKA sendiri dibedakan ke dalam tiga jenis, yakni ahli utama, ahli madya, dan ahli muda.

Kini, Sertifikat Keahlian (SKA) dan Sertifikat Keterampilan (SKT) telah berganti nama menjadi Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK).

Peraturan LPJK 2021

Untuk dapat lebih memahami terkait SKA dan SKK online, Anda dapat perhatikan peraturan lpjk 2021.  Setelah dilantiknya kepengurusan LPJK periode 2021-2024, pelaksanaan pelayanan mengacu pada ketentuan yang diatur dalam SE Menteri PUPR Nomor 02/SE/M/2021.

Salah satu ketentuan yang terdapat dalam SE pada huruf F angka 1 menyebutkan bahwa Sertifikat Badan Usaha (SBU) dan Sertifikat Kompetensi Kerja Tenaga Kerja (SKA/SKTK) yang telah diterbitkan LPJK periode 2016-2024 tetap berlaku sampai habis masanya.

Khusus untuk Pembuatan SBU 2022, terdapat ketentuan untuk melaksanakan registrasi tahunan melalui aplikasi Sistem Informasi Konstruksi Indonesia (SIKI). Sementara untuk SKA/SKK tidak diberlakukan registrasi tahunan.

Ini Cara Membuat SKA dan SKA Online dengan Mudah

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengajukan pembuatan SKA ini secara online, sebaiknya Anda persiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Sehingga Anda lebih mudah untuk mengunggahnya pada sistem. Apa saja syarat membuat SKA dan SKK online?

1. Syarat Pembuatan SKA dan SKK Online Terbaru 2022

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus Anda persiapkan sebelum diunggah pada sistem. Sebaiknya, Anda simak beberapa syarat berikut dengan baik sehingga tidak tertinggal.

  • E-KTP
  • NPW
  • Pas Foto
  • Scan Ijazah
  • Surat Kebenaran Data
  • Referensi Kerja atau Pengalaman Proyek
  • No HP yang digunakan pastikan aktif
  • Email Pemohon

Nah, jika beberapa syarat di atas sudah lengkap, Anda akan lebih mudah untuk melakukan registrasi SKA dan SKK online. Selain itu, kenali dan pahami terlebih dahulu beberapa sub bidang yang ada pada ketentuan SKA dan SKK terbaru 2022.

Anda dapat melihat sub bidang tersebut selengkapnya di sini.  Dari sana, Anda dapat melihat beberapa subklasifikasi, klasifikasi, serta jabatan kerja yang termasuk dalam sub bidang SKA/SKT. Setidaknya terdapat 77 subklasifikasi yang bisa ditemui.

2. Cara Pendaftaran Penerbitan SKA Online

Agar Anda dapat dengan mudah mengurus sertifikat keahlian/ SKA/ SKK Konstruksi LPJK, salah satu caranya adalah mendaftar secara online. Apalagi saat ini teknologi semakin maju, sehingga kita dapat mengaksesnya di mana dan kapan saja.

Begitu pula dengan pengajuan penerbitan sertifikat badan usaha untuk perusahaan konstruksi. Anda tak perlu lagi repot-repot datang ke kantor. Anda cukup menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan diminta oleh PJKN.

3. Kunjungi Situs Resmi LPJK

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengajukan penerbitan SKA dan SKK online.  Setelah semua dokumen yang diminta sudah dipersiapkan, ikuti langkah selanjutnya sebagai berikut:

  1. Membuka situs resmi LPJKN/ LPJK Login, lalu klik pada pilihan untuk membuat SKA.
  2. Jika sudah terbuka, Anda hanya perlu mengisi formulir yang telah tersedia secara online.
  3. Kemudian kirimkan beberapa scan dokumen yang diminta melalui e-mail.
  4. Email anda kemudian akan mendapat balasan dari pihak LPJK SKA. Email tersebut akan memberitahukan bahwa SKA Anda akan segera diproses.
  5. Ketika SKA sudah jadi, Anda akan kembali mendapatkan Email.

4. Tunggu dan Pastikan SKA Telah Terbit

Ketika dokumen SKA dan SKK online yang diajukan sudah jadi, Anda akan kembali mendapat email resmi dari LPJKN.

Pihak LPJK akan mengirimkan scan SKA Anda yang sudah terdaftar. Namun, Anda harus kembali memastikan bahwa Anda benar-benar sudah terdaftar.

Maka, sebaiknya Anda mengecek dan memastikan kembali dengan mengunjungi situs resmi LPJKN. Pastikan bahwa data yang tercantum telah sesuai. Jika dirasa sudah sesuai dengan keinginan, maka Anda dapat melakukan konfirmasi kepada pihak LPJKN.

Tak perlu khawatir, nantinya dokumen asli dari sertifikat tersebut akan dikirimkan ke alamat Anda melalui pos. Beberapa hal di atas akan sangat memudahkan Anda dalam mengurus pengajuan SKA bagi keperluan usaha konstruksi. Lantas bisakah mengurus perpanjangan SKA dan SKK online?

Perpanjangan SKA LPJK Online

Selain untuk mengajukan permohonan penerbitan sertifikat keahlian, Anda juga dapat melakukan perpanjangan SKA online. Berikut adalah tata cara perpanjangan sertifikat keahlian Anda.

  1. Pastikan Anda masih aktif sebagai anggota APEI
  2. Untuk meminta rincian biaya perpanjangan, kirimkan sertifikat yang ingin diperpanjang melalui Email.
  3. Download syarat kelengkapan dokumen.
  4. Kumpulkan syarat dokumen perpanjangan sertifikat yang diajukan tersebut.
  5. Bayarkan biaya perpanjangan.
  6. Jika semua syarat telah lengkap, tunggu hingga proses perpanjangan selesai.
  7. Sertifikat yang sudah selesai akan diberitahukan melalui email atau dapat diunduh pada akun SIKI masing-masing.

Syarat Penting Perpanjangan SKA

Jika Anda ingin memperpanjang SKA, pastikan memperhatikan syarat-syarat berikut ini:

  • Memiliki sekurang-kurangnya nilai total PNK sebesar 120 dalam kurun waktu tiga tahun.
  • Ketentuan PNK setiap tahunnya minimal 40
  • Tunjukkan nilai SKPK sebagaimana tercantum dalam Buku Log atau SIKI-LPJK Nasional.

Biaya Pembuatan SKA

Biaya yang dibayarkan untuk pembuatan SKA berbeda-beda berdasarkan dengan klasifikasinya, yakni muda, madya, dan utama.

  • SKA Muda: Rp 2.800.000
  • SKA Madya: Rp 5.300.000
  • Sementara untuk SKA Utama Anda dapat langsung menghubungi pihak LPJK.

Untuk dapat lebih memudahkan Anda dalam pembuatan SKA, sebaiknya Anda juga menyimak beberapa tips memilih jasa pembuatan SKA. Beberapa tips tersebut bisa Anda dapatkan pada situs pusatkk.com.

Demikian uraian mengenai cara pembuatan, syarat dan ketentuan, hingga biaya SKA dan SKK online. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah untuk melakukan pengajuan penerbitan sertifikat.

Hubungi Kami
Hubungi Kami
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO