Syarat dan Biaya Pembuatan SKK Konstruksi

Biaya Pembuatan SKK Konstruksi – Setiap bidang usaha termasuk konstruksi pastinya ingin mempunyai tenaga kerja yang telah tersertifikasi. Salah satu sertifikasi di bidang konstruksi yaitu SKK konstruksi. Lantas, kira-kira bagaimana sih cara membuat sekaligus biaya pembuatan SKK konstruksi?

Biaya pembuatan SKK konstruksi ini tentu saja berbeda-beda tergantung tempat dimana Anda membuatnya. Terdapat banyak juga jasa yang dapat membantu dan memenuhi kebutuhan Anda terkait sertifikasi tenaga kerja konstruksi. Namun, tentu saja Anda harus memilih dengan pertimbangan yang tepat sebelum memutuskannya.

Dalam hal ini, memang pembuatan SKK (Sertifikat Kompetensi Kerja) ini sangat penting dimiliki Anda yang hendak bekerja di bidang konstruksi. Dengan sertifikat ini, maka Anda bisa memiliki keahlian dan kapabilitas yang diakui secara sah di mata hukum.

Sebenarnya apa sih SKK itu? Bagaimana cara membuat sekaligus biaya pembuatannya? Tenang saja, Anda tak perlu khawatir karena dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut terkait pengertian, cara pembuatan, serta biaya pembuatan SKK konstruksi.

Syarat dan Biaya Pembuatan SKK Konstruksi
Syarat dan Biaya Pembuatan SKK Konstruksi

Lihat Juga : SKK Konstruksi

Apa Sih SKK Itu?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai biaya pembuatan SKK konstruksi, ada baiknya jika dibahas lebih dulu terkait apa itu SKK. Nah, jadi SKK ini ialah sertifikat keterampilan dimana diterbitkan oleh Lembaga Peningkatan Jasa Konstruksi (LPJK).

1. Pengertian SKK

SKK ini menjadi salah satu dokumen wajib dan persyaratan dalam pembuatan Sertifikasi Badan Usaha (SBU) online maupun Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK). Sertifikasi keterampilan ini dikatakan sebagai bukti keterampilan yang ideal juga standar sebagai syarat untuk menjadi seorang Penanggung jawab Teknik.

Sebenarnya SKK atau Sertifikat Keterampilan Kerja (SKK-Konstruksi) ini merupakan istilah baru dari penamaan sebelumnya yakni SKA dan SKT. Dalam hal ini terdapat beberapa jenjang pada SKK konstruksi 2022 yang dikenal dengan sebutan kualifikasi.

2. Kualifikasi SKK

Untuk kualifikasi SKK adalah sebagai berikut:

  • Jenjang 9 – Ahli Utama
  • Jenjang 8 – Ahli Madya
  • Jenjang 7 – Ahli Muda
  • Jenjang 6 – Teknisi / Analis
  • Jenjang 5 – Teknisi / Analis
  • Jenjang 4 – Teknisi / Analis
  • Jenjang 3 – Operator
  • Jenjang 2 – Operator
  • Jenjang 1 – Operator

Adanya SKK konstruksi ini menjadi suatu bukti bahwa Anda merupakan tenaga di bidang konstruksi dengan kompetensi dan kemampuan pada bidang jasa konstruksi. Terdapat beberapa jabatan umum pada tenaga konstruksi seperti yang telah dituliskan di atas yakni tenaga ahli, tenaga analis atau teknisi juga tenaga operator.

Dalam hal ini, proses untuk pengajuan SKK konstruksi ini bisa dilakukan apabila Anda sebagai pekerja sudah memenuhi seluruh syarat dan ketentuan SKK konstruksi. Apabila telah memenuhi, maka SKK akan diterbitkan ketika Anda berhasil lulus dari uji kompetensi sesuai standar yang telah ditetapkan.

SKK konstruksi ini sangat diperlukan pada bidang konstruksi khususnya untuk Penanggung Jawab Teknis Badan Usaha (PJTBU), Penanggung Jawab Sub Klasifikasi Badan Usaha (PJSKBU) juga Penanggung Jawab Badan Usaha (PJBU).

Lihat Juga : Perbedaan SKA dan SKK

Apa Bedanya SKK Konstruksi dengan SKA dan SKT?

Telah disinggung sebelumnya bahwa SKK ini merupakan istilah baru dari SKA dan SKT yang sebelumnya digunakan sebagai sertifikat untuk menunjukkan keterampilan dan keahlian tenaga kerja pada bidang konstruksi.

Namun saat ini muncul istilah baru yakni SKK atau sertifikat kompetensi kerja di bidang jasa konstruksi. Anda akan mempunyai sertifikat ini apabila telah menempuh dan lulus pada ujian kompetensi yang diselenggarakan.

Untuk masa berlaku dari SKK konstruksi ini ialah 5 tahun setelah sertifikat tersebut diterbitkan. Perlu digaris bawahi juga bagi para pekerja konstruksi agar melakukan perpanjangan SKK sebelum masa berlaku dari SKK tersebut berakhir.

Saat ini, kontraktor maupun konsultan yang bergerak di bidang jasa konstruksi memang dituntut agar mempunyai tenaga kerja dengan kualifikasi dan jenjang kerja yang jelas. Dalam hal ini, kualifikasi dari tenaga kerja bisa dilihat dari SKK konstruksi.

Artinya bahwa SKK konstruksi ini merupakan suatu syarat dalam pengajuan Sertifikat Badan usaha. Dengan demikian, kontraktur ataupun konsultan pada bidang jasa konstruksi harus memenuhi persyaratan terkait jumlah tenaga kerja konstruksi.

Tak hanya itu, tenaga kerja pada bidang tersebut pun juga harus mempunyai SKK konstruksi masing-masing. Adapun SKK konstruksi ini dapat dibuat oleh tenaga kerja konstruksi melalui lembaga terkait.

Syarat dan Ketentuan Pembuatan SKK Konstruksi

Buat Anda yang hendak melakukan pengajuan SKK konstruksi, maka penting bagi Anda untuk mempersiapkan dokumen dan kelengkapan yang diperlukan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Apa saja sih syarat dokumen yang perlu dipersiapkan?

Berikut ini adalah beberapa syarat SKK konstruksi yang perlu Anda penuhi sebelum pengajuan SKK:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau ID Card sejenisnya
  • NPWP
  • Pas foto terbaru
  • Scan ijazah pendidikan terakhir
  • Alamat email
  • Surat referensi kerja
  • Nomor telepon yang bisa dihubungi

Nah, itulah beberapa persyaratan administrasi yang perlu dipenuhi oleh tenaga konstruksi apabila hendak mengajukan SKK. Setiap pekerja pun juga harus memenuhi syarat pendidikan sesuai dengan level tenaga konstruksi masing-masing.

Selanjutnya, proses pengajuan SKK ini bisa diurus dan diajukan ke LPJK.  Tak berselang lama, dilakukan ujian sertifikasi kompetensi kerja konstruksi dimana diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) ataupun Panitia Teknis Uji Kompetensi (PTUK).

Memang pengurusan ini terbilang cukup ribet prosesnya sehingga Anda perlu menyiapkannya dengan baik.

Biaya Pembuatan SKK

Pastinya tak sedikit yang penasaran, berapa sih biaya pembuatan SKK konstruksi? Sebenarnya, besaran untuk biaya pengurusan SKK konstruksi ini berkisar Rp 1000.000 hingga Rp 8000.000. Biaya yang disebutkan diatas belum termasuk dengan akomodasi apabila di wilayah domisili Anda tidak terdapat Tempat Uji Kompetensi.

Bisa dibilang proses pembuatan dan pengurusan SKK konstruksi ini cukup rumit dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang, maka adanya jasa pembuatan SKK menjadi alternatif yang sangat membantu Anda perihal pengurusan SKK konstruksi.

Salah satu jasa pembuatan SKK yang menawarkan banyak kemudahan bagi Anda perihal pembuatan SKK ini ialah https://pusatskk.com/ . Selain mampu mempermudah Anda perihal pengurusan SKK, Anda juga tak perlu pusing lagi karena hanya membayar biaya pembuatan Anda tinggal duduk manis dan terima beres. Jauh lebih praktis bukan?

Bagaimana? Kini sudah punya bayangan bukan terkait biaya pembuatan SKK konstruksi? Memang bisa dibilang apabila mengurus sendiri pengajuan SKK konstruksi ini akan jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa.

Namun dengan jasa pembuatan SKK Anda tak perlu kerepotan melakukan pengurusan kesana kemari dengan prosedur yang ribet. Bahkan biaya pembuatan SKK konstruksi ini hanya selisih sedikit saja.

Penutup

Sekian penjelasan mengenai pengertian, bedanya SKK dengan SKA dan SKT, juga biaya untuk pengajuan SKK konstruksi di tahun 2022 ini. Sebenarnya untuk biasa sendiri akan berbeda sesuai dengan level keahlian masing-masing sehingga Anda bisa mengeceknya lebih lanjut.

Baiklah, mungkin sampai disini saja bahasan mengenai biaya pembuatan SKK konstruksi. Semoga gambaran biaya yang disampaikan di atas bisa menjadi acuan Anda dalam mempersiapkan pengajuan SKK konstruksi. Semoga membantu!

Rate this post
Hubungi Kami
1
Hubungi Kami
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO