SKK Konstruksi: Pengertian, Kebutuhan, Manfaat, Syarat dan Jasa Layanan Terpercaya

Sertifikat Kompetensi Kerja atau biasa dengan sebutan SKK merupakan bukti utama seorang tenaga ahli dalam pengerjaan konstruksi. Jika Anda berkecimpung dalam bidang bangunan, tentu tak asing lagi dengan sertifikat kompetensi ini.

Namun, bagi yang belum begitu familiar dengan sertifikasi kerja konstruksi, ada baiknya membaca artikel ini agar mengetahui seluk beluknya secara lebih detail.

SKK Konstruksi: Pengertian, Kebutuhan, Manfaat, Syarat dan Jasa Layanan Terpercaya
SKK Konstruksi: Pengertian, Kebutuhan, Manfaat, Syarat dan Jasa Layanan Terpercaya

Lihat Juga : SBU Konstruksi

Pengertian Apa Itu SKK (Sertifikat Kompetensi Kerja)

Apa yang dimaksud dengan SKK? Pengertian dari Sertifikat Kompetensi Kerja adalah bukti kompeten atau kemampuan seorang tenaga ahli khusus bidang pelaksana konstruksi sebagai kontraktor dan jasa pengawas atau konsultan.

Apa beda Sertifikat Kompetensi Kerja dan SKT? Dahulu, Sertifikat Kompetensi Kerja bernama SKA atau SKT. SKT atau SKA merupakan sertifikat keahlian yang dikeluarkan oleh LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi).

Perlu Anda ketahui bahwa adanya Sertifikat Kompetensi Kerja harus dimiliki oleh kontraktor dan konsultan. Syarat sertifikasi menunjukkan seberapa besar keahlian dan kemampuan pekerja dalam bidangnya masing-masing.

Sertifikat dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikat Profesi resmi yang telah mendapatkan izin resmi oleh Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang).

Begitu pentingnya sertifikat kerja sehingga banyak contoh SKK konstruksi sebagai acuan keahlian bagi yang masih baru berkecimpung dalam bidang konstruksi. Contoh secara umum bagi SKK Teknik Sipil, Teknik Arsitektur dan keahlian lainnya.

Kontraktor dan konsultan juga perlu mengetahui pekerjanya apakah sudah memiliki sertifikat agar setiap proyek berjalan dengan baik. Sebab adanya sertifikasi sebagai syarat SBU (Sertifikat Badan Usaha).

Selain itu sertifikat secara lengkap dari para pekerja bertujuan setiap pekerjaan konstruksi dipegang oleh ahli yang kompeten dalam bidangnya masing-masing.

Kebutuhan SKK Konstruksi

Proyek pengerjaan konstruksi baik skala kecil atau besar membutuhkan tim ahli yang kompeten. Kualifikasi keahlian sebagai syarat utama agar kepercayaan dengan klien terjaga dengan baik.

Adanya skema jabatan SKK konstruksi semakin menunjukkan pentingnya sertifikasi ini. Kebutuhan jenis sertifikat kerja biasanya dibutuhkan sebagai penanggung jawab proyek, yaitu:

1. PJBU

PJBU adalah Penanggung Jawab Badan Usaha dengan tugas bertanggung jawab penuh atas usaha jasa konstruksi. PJBU juga memiliki wewenang keputusan terkait badan usaha yang dijalankan.

2. PJTBU

PJTBU singkatan Penanggung Jawab Teknis Badan Usaha dengan beberapa poin penting terkait perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Semua pelaksanaan ketiga hal tersebut harus oleh ahli yang kompeten dalam bidangnya.

Klasifikasi dan kualifikasi sesuai peraturan SKK Konstruksi agar kinerja optimal dan tidak ada kendala selama kinerja berlangsung.

3. PJSKBU

PJSKBU adalah Penanggung Jawab Subklasifikasi Usaha yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap semua aspek teknik. Subklasifikasi sesuai pada sertifikasi kompetensi yang dimiliki masing-masing ahli.

Pilihan PJSKBU ditunjuk langsung oleh PJBU sebagai tenaga ahli tetap sehingga kinerja lebih maksimal untuk perencanaan dan pelaksanaan proyek badan usaha.

Lihat Juga : Sub Bidang SBU

Manfaat SKK

Dari uraian sebelumnya Anda tentu tahu begitu urgen sebuah surat kompetensi bagi ahli bangunan untuk dengan menyesuaikan peraturan, pengalaman dan kemampuannya. Sebab, dengan adanya sertifikat resmi hasil pekerjaan diharapkan sesuai rencana.

Ternyata bukan hanya itu saja karena ada banyak manfaat lain yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Apa manfaat SKK konstruksi? Berikut penjelasan yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Bukti Kompetensi Sesuai Keahlian

Sertifikat yang dikeluarkan oleh instansi resmi berkekuatan hukum sehingga valid dan meyakinkan. Pengakuan resmi dalam kerja merupakan upaya awal jika bekerja, ikut proyek, ikut badan usaha bahkan membuka usaha sendiri.

Adanya sertifikat menunjukkan yang bersangkutan sudah sah, lulus dan kompeten sesuai keahlian. Kelulusan tingkat akademik juga menjadi perhitungan untuk sertifikasi ini karena ada syarat khususnya.

2. Kualitas Kerja Meningkat

Guna mendapatkan sertifikat keahlian tidak mudah dan perlu mengikuti tes beberapa kali dengan syarat khusus. Jenis SKK konstruksi berbeda-beda menunjukkan tingkat keahlian bidang dan akademik yang dimiliki.

Walau berbeda, semua akan mendapatkan pelatihan yang bertujuan meningkatkan kualitas kompetensi dan kinerja usaha. Adanya peningkatan kualitas dari pelatihan memberi dampak yang bagus saat terjun langsung ke lapangan.

Proyek konstruksi yang dikerjakan oleh orang kompeten dan ahli akan memberi peluang proyek berjalan lancar dan hasil maksimal.

3. Jenjang Karir Bagus

Sertifikat resmi dapat digunakan pula untuk jenjang karir yang bagus. Jenjang karir pada umumnya untuk memperoleh jabatan yang lebih baik dari sebelumnya jika kinerja meningkat.

Pastinya Anda juga tahu jika kenaikan pangkat akan menambah pundi keuangan.  Peningkatan jabatan bisa sebagai penanggung jawab penuh yang membawahi banyak pekerja proyek

4. Syarat Pembuatan SBU

Dalam bidang usaha apa saja jenisnya membutuhkan surat izin resmi supaya terus berkembang. Begitu juga dalam bidang konstruksi yang membutuhkan Sertifikat Badan Usaha atau SBU untuk menunjang pekerjaan.

Untuk mengurus SBU ini membutuhkan Sertifikat Kompetensi Kerja sebagai bukti sah di mata hukum pada usaha yang dijalankan. SKK konstruksi apa saja yang dibutuhkan tentunya lengkap sesuai bidang usaha konstruksi tersebut.

Adanya sertifikat kompetensi sebagai syarat utama pembuatan SBU bertujuan agar usaha benar-benar diisi oleh orang yang kompeten dalam bidang bangunan.

Untuk SBU, biaya pembuatan terjangkau sesuai usahanya. Selanjutnya adanya kecakapan keahlian tersebut usaha mampu berkembang dengan baik dan sah di mata hukum.

5. Syarat Lelang Proyek

Pengerjaan konstruksi bangunan skala besar atau fasilitas umum pada umumnya terdapat lelang khusus yang bisa diikuti oleh berbagai badan usaha konstruksi. Untuk mendaftar lelang, salah satu syarat khusus yaitu adanya sertifikat dari masing-masing pekerja yang dimiliki.

Sertifikat pekerja resmi menunjukkan tingkat profesional badan usaha konstruksi bahwa usahanya memang serius dan meyakinkan. Dengan begitu lelang dapat diikuti dan meningkatkan branding usaha.

Usaha juga bisa lebih dikenal banyak orang, menambah link untuk usaha baru dan meminimalkan resiko kesalahan kerja karena memang dipegang oleh tim profesional.

Lihat Juga : SKK Konstruksi

Syarat Daftar Pembuatan SKK

Daftar SKK konstruksi membutuhkan beberapa kali tes yang tidak mudah. Ujian meliputi beberapa hal seperti tes tertulis, uji praktik atau langsung observasi lapangan dan interview.

Setiap ujian dengan persiapan khusus dan juga ada pelatihan untuk menambah kualitas pekerja. Bagaimana dengan biaya? Anda tak perlu khawatir karena biaya masih sangat terjangkau dan bisa berbeda satu sama lain.

Biaya pembuatan SKK konstruksi juga bermacam-macam tergantung jenjang dan keahlian yang dimiliki. Jadi, untuk mengurus sertifikat baik 2023 atau 2024 hampir sama yaitu membutuhkan proses dan tidak bisa langsung jadi.

Adapun syarat yang perlu Anda persiapkan untuk mendapatkan sertifikat ini antara lain:

1. KTP

Kartu Tanda Penduduk untuk menunjukkan nama lengkap dengan domisili dari yang bersangkutan.

2. NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak sebagai sarana administrasi, tanda pengenal diri dan untuk hak dan kewajiban terkait pajak.

3. Ijazah

Cara daftar berikutnya dengan menyiapkan ijazah yang merupakan syarat resmi untuk mengetahui tingkat akademik dan sesuai dengan kemampuan serta keahlian konstruksi.

4. CV

Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup menunjukkan pengalaman dan apa yang telah dilakukan dalam menunjang kinerja konstruksi bangunan.

5. Surat Pengalaman Kerja

Jika pernah bekerja dalam bidang konstruksi sebelumnya dapat menjadi dukungan dalam pembuatan sertifikat.

6. Pas Foto

Pas foto terbaru dan wajah tegak ke depan agar jelas serta pastikan tidak blur.

7. Email dan Nomor Telepon yang Mudah Dihubungi

Pembuatan SKK konstruksi 2023 dan tahun 2024 sudah serba online sehingga semua lebih praktis dan cepat. Pastikan email dan nomor telepon yang digunakan aktif sehingga untuk semua pemberitahuan bisa akses mudah dan terintegrasi.

Apabila semua syarat daftar SKK konstruksi lengkap dan mengikuti prosesnya dengan baik, sertifikat sudah dapat dimiliki. Sertifikasi konstruksi ini memiliki masa berlaku selama 5 tahun penggunaan. Apabila sudah lebih dari 5 tahun maka perlu diperpanjang kembali.

Jasa Pembuatan Konstruksi Terpercaya

Untuk mendapatkan sertifikasi dengan proses dan berbagai syarat tertentu butuh waktu untuk memenuhinya. Namun, tidak perlu khawatir karena ada jasa pembuatan sertifikat konstruksi terpercaya dan berpengalaman melalui pusatskk.com.

Anda tidak perlu lagi bingung saat ingin membuat sertifikat konstruksi dan sertifikat konstruksi yang lainnya. Selain SKK, jasa layanan juga menerima jasa pembuatan sertifikat ISO, sertifikat BNSP, sertifikat ESDM dan yang lainnya.

Cek juga keunggulan dari jasa layanan ini, yaitu:

1. Terpercaya

Banyak klien dari berbagai kalangan sudah ditangani dengan cepat sesuai kebutuhan dan penanganan terbaik. Anda tak perlu khawatir tentang bisanya karena biaya SKK konstruksi terjangkau dan mampu bersaing.

2. Profesional

Tim jasa layanan sudah profesional, berpengalaman dan bekerja sesuai bidangnya masing-masing. Sehingga, Anda tak perlu bingung lagi karena semuanya akan dibanu supaya proses pembuatan sertifikat berjalan lancar.

3. Fast Respon

Pelayanan maksimal dengan kinerja cepat, sopan dan maksimal. Anda hanya tinggal menghubungi Customer Service ke nomor 0812-6604-1100.

Jadi, membuat SKK konstruksi bukan hal rumit lagi karena semua akan ditangani dengan baik oleh pihak jasa layanan. Anda tidak perlu membuang waktu untuk berbagai hal karena semua akan dibantu pihak pusatskk.com.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang dimaksud SKK?

Sertifikat Kompetensi Kerja sebagai bukti memiliki kemampuan khusus bidang konstruksi sebagai kontraktor atau jasa konsultan. Cara memperoleh sertifikat melalui uji kompetensi dan sesuai kualifikasi, klasifikasi ahli bangunan konstruksi.

2. Apa manfaat Sertifikat Kompetensi Kerja?

Manfaatnya adalah untuk meningkatkan kompetensi kerja, meningkatkan jenjang karir, syarat utama pembuatan SBU dan syarat daftar lelang proyek konstruksi.

3. Apa beda Sertifikat Kompetensi Kerja dan SKT?

Apa bedanya SKK dan SKT adalah dahulu, Sertifikat Kompetensi Kerja bernama SKA atau SKT. SKT atau SKA merupakan sertifikat keahlian yang dikeluarkan oleh LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi).

4. Apa beda SKK dan SBU?

Pengertiannya adalah Sertifikat Kompetensi Kerja dengan masa berlaku 5 tahun sedangkan SBU adalah Sertifikat Badan Usaha yang masa berlakunya 3 tahun selanjutnya dapat diperpanjang kembali.

5. Apa itu Sertifikat Kompetensi Kerja teknik sipil?

Sertifikat Kompetensi Kerja sebagai bukti kompetensi tenaga ahli khusus dalam bidang konstruksi teknik sipil.

Penutup

SKK sangat penting sebagai sertifikat resmi berbadan hukum bukti kompeten seorang tenaga ahli konstruksi sebagai kontraktor dan jasa pengawas atau konsultan. Sertifikat juga bermanfaat untuk pembuatan SBU, meningkatkan jenjang karir dan lelang proyek.

Rate this post
Hubungi Kami
1
Hubungi Kami
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO