Permasalahan OSS yang Sering Terjadi dan Solusinya

Permasalahan OSS – Permasalahan OSS kadang muncul saat pelaku usaha mengurus perizinan berusaha. Jika terjadi demikian, pengurusan usaha akan tersendat dan semakin lama.

Permasalahan OSS yang Sering Terjadi dan Solusinya
Permasalahan OSS yang Sering Terjadi dan Solusinya

Sekarang ini pengurusan usaha dilakukan secara online melalui OSS. Hanya saja masih terdapat beberapa masalah saat para pengguna mulai mengurus izin dengan akun OSS.

Permasalah ini dapat disiasati dengan beberapa cara. Tergantung dari permasalahan yang dihadapi. Selengkapnya dapat cek di artikel ini hingga tuntas.

Mengenal Apa Itu OSS dan Manfaatnya

Sebelum mengetahui permasalahan OSS yang sering muncul, perlu mengenal dulu apa itu OSS. OSS singkatan dari Online Single Submission sebagai sistem mengurus izin usaha dengan cara canggih.

Sebuah platform baik skala mikro, makro, cakupan kecil, menengah dan besar untuk mengajukan permohonan izin usaha. Karakteristik usaha di bawah ini dapat dilakukan perizinan, antara lain:

  • Usaha mikro, kecil, menengah atau besar.
  • Berbentuk badan usaha atau perorangan.
  • Usaha badan usaha atau perorangan baik yang sudah berdiri atau baru melakukan bisnis sebelum OSS efektif.
  • Usaha dengan modal yang digunakan dari dalam negeri, atau usahha dengan terdapat komposisi modal asing.

Sistem bukan secara offline tapi online yang diharapkan akan mempermudah pengurusan pelaku usaha untuk mendaftarkan izin usaha. Sebelumnya izin usaha dibutuhkan proses panjang dan harus hadir secara fisik dalam mengurus secara langsung.

Dengan adanya sistem online izin dapat dilakukan dengan lebih praktis. Selain itu dengan pengurusan online memiliki manfaat lain, yaitu:

Baca Juga : SBU Online 2022

1. Mempermudah Perizinan

Dengan OSS perizinan baik prasyarat untuk usaha izin (lokasi, bangunan dan lingkungan), izin usaha atau operasional lebih mudah dilakukan. Dengan demikian usaha operasional tingkat pusat atau daerah dengan mekanisme komitmen persyaratan izin lengkap dan praktis.

2. Izin Cepat, Aman dan Realtime

Manfaat kedua adalah izin yang dilakukan dengan memberi fasilitas pelaku usaha terhubung dengan pemangku kepentingan jabatan lebih cepat dilakukan. Izin yang cepat, aman dan realtime akan membuat pelaku usaha lebih praktis dan efisien waktu.

3. Fasilitas Menyimpan Data Perizinan

Diberikannya fasilitas untuk pelaku usaha guna menyimpan data perizinan ke dalam satu identitas berusaha.

4. Fasilitas Untuk Pelaporan dan Pemecahan Masalah Perizinan

Manfaat berikutnya adalah pelaku usaha diberikan fasilitas dalam melakukan pelaporan masalah perizinan. Dengan lapor, maka akan diberikan pemecahan masalah perizinan dalam satu tempat.

Permasalahan OSS yang Sering Terjadi

Perlu juga diketahui permasalahan OSS RBA (Risk Based Approach) izin berdasarkan resiko dan skala kegiatan usaha. Sedangkan pada OSS saja tidak dibedakan pada resiko dan skala usaha.

Permasalahan OSS dapat terjadi kapan saja terhadap pelaku usaha yang sedang memasukkan data atau tak bisa login ke akun. Banyak faktor penyebab masalah tersebut timbul.

Untuk lebih jelasnya masalah yang sering muncul dapat dilihat di bawah ini.

1. Salah Memasukkan Email

Masalah pertama yang sering terjadi adalah salah dalam memasukkan email. Kadang yang dilakukan saat mendaftar adalah email yang sudah tidak aktif.

OSS login akhirnya gagal dilakukan dengan email non aktif tersebut. Padahal email penting karena username dan password akan diberitahukan lewat email tersebut.

Masalah ini dapat dilakukan dengan rollback. Caranya adalah:

  • Membuat surat permohonan perubahan data OSS. Cantumkan alamat email yang salah dengan yang baru, pastikan email benar.
  • Membuat surat kuasa jika yang mengurus perubahan data orang lain.
  • Permohonan dikirim ke OSS go id yaitu oo@bkpm.go.id.
  • Menunggu proses kurang lebih selama 7 hari kerja.

Ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menanggulangi masalah di atas dengan datang ke kantor Pelayan Terpadu Satu Pintu Pusat di BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

2. Data KTP Tidak Sesuai

Data KTP yang berbeda atau tidak sinkron ketika melakukan unggah data di OSS atau Dukcapil adalah permasalahan OSS yang sering muncul. Sistem tidak dapat memproses lebih lanjut dengan adanya perbedaan data KTP ini.

Untuk solusinya dapat dilakukan dengan cara:

  • Menggunakan KTP lama.
  • KTP lama yang digunakan adalah KTP sebelum ada perubahan data.
  • Mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat untuk apdet data terbaru agar KTP dan data sinkron.

3. Persyaratan Ahli Geoteknik Utama

Lupa akses akun OSS RBA 2022 sering terjadi pada para pelaku usaha. Akses yang lupa berupa email atau password saat  pertama mendaftarkan di OSS. Masalah lupa ini dapat diatasi dengan langkah berikut ini.

  • Mendaftar ulang akun OSS, tapi ada kalanya cara ini belum berhasil dilakukan. Hal ini ada kemungkinan perusahaan telah terbaca sistem telah mendaftar di sana, sehingga tidak bisa daftar lagi.
  • Mengajukan surat permohonan ke go id melalui oss@bkpm.go.id.
  • Langkah rollback dilakukan untuk melakukan perubahan data yang sesuai dengan data terbaru. Dapat pula menghubungi call center BKPM tersebut.

Jika masih mengalami kesulitan dapat ditanyakan pada konsultan atau melalui jasa pelayanan yang berpengalaman.

4. Tidak Berhasil Merubah Data

Permasalahan OSS yang sering timbul berikutnya adalah tidak dapat merubah data perusahaan. Data perusahaan pada OSS lengkap dengan nama dan domisili yang terhubung ke sistem Administrasi Hukum Umum atau AHU.

Pada umumnya saat notaris memasukkan data akan ke sistem AHU juga. Data perusahaan di OSS tidak dapat diubah begitu saja karena data AHU tidak ditemukan. Untuk mengubahnya perlu melalui sistem AHU.

5. Data Tertukar

Data perusahaan yang tertukar dapat menjadi masalah dalam OSS ini. Data perusahaan yang tertukar dengan milik perusahaan lain terjadi karena sistem OSS.

Jika masalahnya seperti ini maka yang dapat mengubah data agar benar adalah petugas OSS. Pelaku usaha yang tertukar datanya dapat melakukan pengajuan surat permohonan.

Surat yang dibuat dapat dikirim melalui helpdesk.oss@bkpl.go.id. Langkah yang dilakukan sama seperti point sebelumnya. 

6. Belum Mendapatkan Username dan Password

Permasalahan OSS RBA 2022 yang biasanya terjadi jika pelaku usaha belum mendapatkan username dan password dari OSS online. Tentunya membuat bingung dan rasa khawatir para pelaku usaha.

Solusinya dapat dilakukan dengan langkah berikut ini.

  • Cek email yang digunakan ketika mendaftar ke akun OSS.
  • Lakukan pendaftaran untuk melakukan pengecekan ulang dan gunakan NIK yang sebelumnya telah digunakan.
  • Dari situ akan terlihat email yang digunakan pada NIK yang sama pada alamat email yang mana.
  • Dari sini akan terlihat apakah kesalahan terletak pada email.
  • Jika kesalahan pada email tersebut maka dapat rollback guna melakukan perubahan data.
  • Sebaliknya jika email sudah benar dan username serta password belum juga diterima dapat konfirmasi ke BKPM.
  • Konfirmasi dilakukan untuk meminta username dan password akun OSS.

Permasalahan OSS yang sering terjadi karena berbagai faktor. Perlu dilakukan pengecekan untuk melihat masalah mana dan mencari solusi tentang permasalahan tersebut.

Apabila dirasa menguras waktu dan tenaga ketika masalah muncul dapat meminta layanan jasa untuk mengurus sertifikat badan usaha. Namun, perlu memilih yang terpercaya dan berpengalaman.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Jasa Pelayanan Sertifikat

Permasalahan OSS dapat menjadi kendala untuk pelaku usaha. Ketika ingin mengurusnya membutuhkan waktu sehingga bisa jadi pekerjaan lain terbengkalai. Ketika izin usaha tidak keluar padahal sangat penting tentu pelaku usaha membutuhkan jasa yang berpengalaman.

Untuk itu akan lebih mudah  jika meminta jasa layanan sertifikat yang mumpuni. Memilih jasa pelayanan sertifikat ini membutuhkan tips tersendiri agar hasilnya terpercaya dan tidak abal-abal semata.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan memilih layanan jasa sertifikat ini adalah:

1. Memiliki Izin Resmi

Sebelum melakukan kerjasama, pastikan bahwa layanan jasa tersebut adalah resmi. Hal ini dapat diketahui dengan melihatnya melalui internet. Layanan jasa telah resmi tidak akan sembarangan dalam mengelola aset yang dibutuhkan klien.

2. Terpercaya

Bagaimana agar tahu layanan jasa terpercaya? Mengeceknya paling mudah melalui internet. Cari melalui situs resminya dan cek dalam situs tersebut. Apa yang tersedia di dalam layanan yang ditawarkan.

Jangan lupa untuk cek apakah layanan tersebut dapat membuat sertifikat yang sedang dibutuhkan. Dalam situs website resminya, layanan jasa akan memberikan contoh dan berbagai hal agar calon klien tidak bingung ketika akan mengadakan kerjasama.

Selain itu, jika masih ragu akan layanan ini dapat mencari melalui internet bagaimana sepak terjangnya dalam urusan OSS ataupun RBA. Dengan demikian tidak memilih yang masih diragukan  kredibilitasnya.

3. Profesional

Layanan yang baik akan melayani segala macam karakter klien secara profesional. Apa yang dibutuhkan akan diberikan pelayanan dengan baik dan memberikan yang terbaik.

Jangan sampai salah dalam memilih jasa layanan ini karena permasalahan OSS kadang memang tidak dapat ditangani pelaku usaha sendiri. Untuk itu butuh layanan jasa yang dapat membantu mengatasinya dengan baik.

4. Respon Cepat

Salah satu hal yang langsung dapat diketahui layanan jasa ini bagus atau tidak adalah bagaimana responnya. Saat dihubungi dan respon cepat, tanggap dan santun salah satu nilai plus. Ketika ditanya, segala sesuatunya menjawab dengan baik.

Selain itu respon cepat membuat pelaku usaha dapat mencari informasi terkait apa yang dibutuhkannya. Bayangkan saja jika respon lambat, pelaku usaha akan malas untuk menghubungi ulang kembali.

Untuk itu pilih layanan jasa yang respon cepat dan peduli dengan klien. Komunikasi akan terjalin dengan baik dan permasalahan OSS yang mungkin sedang dialami dapat teratasi dengan cepat.

5. Cek Testimoni

Agar lebih yakin untuk layanan usaha, dapat dilakukan pengecekan dari testimoni pelanggan. Testimoni ini dapat di cek online melalui situs website atau media sosial resmi dapat pusat layanan jasa tersebut.

Testimoni dari para pelanggan dapat dijadikan nilai lebih dan bagaimana tanggapan terhadap kualitas pelayanan. Dari testimoni ini dapat dilihat bagaimana layanan jasa memberikan kontribusi terbaik untuk pelaku usaha.

Selain itu layanan jasa yang baik akan memberikan harga terjangkau tapi tetap dengan pengerjaan maksimal.  Hal ini berhubungan dengan kepercayaan yang dilimpahkan untuk hasil terbaik.

Ingin memilih jasa layanan andalan dapat meluncur ke http://Pusatskk.com. Jasa layanan untuk berbagai keperluan pembuatan sertifikat. Memilih layanan jasa yang tepat akan mengatasi permasalahan OSS yang dihadapi dengan solusi terbaik.

Hubungi Kami
Hubungi Kami
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO