Berikut Fungsi dan Syarat SBU 2023 yang Wajib Diketahui

Syarat SBU 2023 – Apa yang dimaksud dengan SBU ? SBU Konstruksi atau lebih dikenal Sertifikat Badan Usaha Konstruksi tentunya sangat penting untuk dimiliki semua badan usaha di Indonesia. Akan tetapi, masih banyak badan usaha yang belum memiliki sertifikat yang satu ini. Padahal tahapan daftar dan syarat SBU 2023 saat ini terbilang sangat mudah dilakukan.

Ketika Anda ingin mendaftar SBU, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Melalui artikel ini Anda akan beritahu apa saja persyaratan tersebut. tidak hanya itu saja, adapun kisaran harga pembuatan SBU dan rekomendasi tempat pembuatan SBU terbaik.

Syarat SBU 2023 Fungsi dan Jasa Pembuatan
Syarat SBU 2023 Fungsi dan Jasa Pembuatan

Lihat Juga : SBU Konstruksi 2023

Apa Itu SBU?

Istilah SBU mungkin sudah tidak asing lagi bagi semua orang. namun, masih banyak orang belum mengetahui apa itu SBU. Pada dasarnya, SBU adalah sebuah sertifikat yang menjadi bukti adanya kelegalitasan sebuah badan usaha. Semua badan usaha harus memiliki SBU.

Sertifikat ini dikeluarkan oleh sebuah Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) dan pembuatanya dibantu oleh Lembaga Sertifikat Badan Usaha (LSBU). Selain itu, SBU ini juga dibuat menggunakan sistem Online Single Submission (OSS).

Ada banyak sub bidang dengan kualifikasi bidang konstruksi yang diusahakan. Seperti yang telah dijelaskan, semua badan usaha perlu memiliki SBU, pasalnya fungsi SBU adalah sebagai syarat jika ingin mengikuti lelang.

Dengan adanya SBU juga Anda bisa membangun kerja sama dengan BUJK serta BUJK Nasional. Jadi, tidak heran saat ini ada banyak pebisnis mencari tahu bagaimana syarat dan tahapan mendaftar SBU. Adapun fungsi SBU lainnya yang harus Anda ketahui.

  1. Sebagai bukti kompetensi dalam menjalankan bidang usaha.
  2. Sebagai syarat hukum di jasa konstruksi.
  3. Sebagai persyaratan mendaftar perusahaan jasa penunjang migas.

Syarat SBU 2023 Terbaru yang Wajib Dipenuhi

Sebelum melakukan pendaftaran SBU, tentunya Anda harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Tentunya ada banyak persyaratan yang harus Anda ketahui. Lebih lanjut, berikut ini merupakan syarat wajib pembuatan SBU terbaru.

1. Syarat Data Peralatan

Syarat pertama yang harus Anda penuhi yakni terletak pada data peralatan. Berikut ini merupakan syarat data peralatan yang harus dipenuhi.

  1. Melampirkan bukti hasil pemeriksaan pengujian alat.
  2. Melampirkan bukti kepemilikan alat.
  3. Melampirkan syarat pernyataan pemenuhan kepemilikan alat konstruksi.
  4. Melampirkan foto plat nama alat. Pada foto ini harus menampilkan posisi alat tampak dari depan, samping, dan dari belakang.

Semua persyaratan tersebut tentunya harus Anda penuhi. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan Anda memiliki SBU. Jadi, periksa kembali persyaratan data peralatan ketika ingin mendaftar SBU.

Sesuaikan juga foto plat nama alat sesuai dengan posisi objeknya.  Pada persyaratan ini juga Anda diharuskan memiliki bukti kepemilikan alat dan bukti hasil pemeriksaan pengujian alat.

2. Dokumen Persyaratan Pembuatan SBU

Dokumen persyaratan pembuatan SBU juga perlu Anda penuhi ketika ingin membuat SBU. Beberapa dokumen ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Lebih lanjut, berikut merupakan dokumen yang harus dipenuhi sebagai syarat SBU.

  1. Melampirkan NIB dan BSAT.
  2. Memiliki akun OSS yang aktif dan teregistrasi.
  3. Melampirkan MPU/RAB/BOQ.
  4. Melampirkan SK Kumham.
  5. Melampirkan pas foto terbaru dari Penanggung Jawab Badan Usaha (PJBU).
  6. Melampirkan data pemegang saham.
  7. Melampirkan akta pendiri. Jika terdapat perubahan, lampirkan juga akta perubahan.
  8. Melampirkan beberapa data badan usaha. Data tersebut berupa nomor telepon, NPWP, data badan usaha, serta Email.
  9. Melampirkan data penanggung jawab. Data tersebut berupa alamat Email, nomor telepon, NPWP, nama, hingga data lengkap penanggung jawab.

3. Syarat Tenaga Kerja

Tidak kalah penting dari syarat lainnya, adapun syarat tenaga kerja yang harus dipenuhi. Berikut merupakan persyaratan tenaga kerja untuk memenuhi dalam pembuatan SBU.

  1. Melampirkan daftar tenaga kerja.
  2. Memiliki surat penanggung jawab mutlak.
  3. Memiliki rincian daftar tenaga kerja konstruksi.
  4. Melampirkan sertifikat keahlian badan usaha sesuai kualifikasinya.

Ketiga jenis persyaratan tersebut tentunya harus Anda lengkapi. Selain itu, biaya pembuatan SBU juga terbilang cukup mahal. Kisaran harga yang banyak dipasarkan yakni mulai dari 1 jutaan hingga 9 jutaan.

Lihat Juga : SKK Konstruksi 2023

Layanan Jasa Pembuat SBU Terpercaya

Melihat berbagai persyaratan dan langkah mendaftar SBU tentunya cukup rumit. Maka dari itu, tidak jarang saat ini banyak para pebisnis menggunakan layanan jasa pembuatan SBU. Pada dasarnya ada banyak layanan pembuat SBU terbaik.

Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu apakah layanan tersebut terpercaya dan memiliki ulasan baik atau tidak. Salah satu layanan yang bisa Anda gunakan yakni pusatskk.com. Tentunya layanan ini sudah terbukti terpercaya bagi semua orang.

Tidak hanya itu saja, ada banyak ulasan positif yang ditampilkan. Satu hal yang menjadi daya tarik lainnya yakni konsumennya bisa melihat atau mengecek proses pembuatan SBU.

Penutup

Nah, itulah beberapa syarat SBU 2023 yang wajib Anda ketahui. Tentunya semua persyaratan tersebut sangat penting untuk dipenuhi sebelum mendaftar SBU.

Ada beberapa jenis syarat yang ada, seperti syarat data peralatan, dokumen persyaratan, hingga syarat tenaga kerja. Selain itu, adapun fungsi SBU yakni sebagai alat bukti kelegalitasan badan usaha. Maka dari itu, semua badan usaha diharuskan memiliki SBU.

Biaya pembuatan SBU sendiri terbilang cukup mahal. Kisaran harga tersebut mulai dari 1 jutaan hingga 9 jutaan. Jika menurut Anda pembuatan SBU sangat rumit, saat ini ada banyak layanan jasa yang siap membantu membuat SBU resmi.

Dengan menggunakan layanan pusatskk.com, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Yuk, segera gunakan layanna pusayskk.com sekarang juga!

Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
5/5 - (16567 votes)
Hubungi Kami
Hubungi Kami
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO