SBU 2023: Persyaratan dan Biaya Pembuatannya

SBU 2023 – Apakah anda sudah mengetahui apa itu SBU ? Setiap perusahaan di bidang konstruksi yang menjalankan usahanya harus memiliki SBU (Sertifikat Badan Usaha) sebagai bukti resmi atau legal atas usaha yang dijalankan. Apa itu SBU? Bagaimana cara membuat dan mengurus SBU 2023? Apa saja syarat yang dibutuhkan?

Apakah ada jasa pengurusan SBU yang terpercaya? Jawaban dan penjelasan lebih lanjut tentang SBU jasa konstruksi atau bidang lainnya akan dibahas melalui artikel di bawah ini. Simak artikel tentang penjelasan SBU 2023 hingga akhir untuk mendapatkan informasi lengkap!

SBU 2023 Persyaratan dan Biaya Pembuatannya
SBU 2023 Persyaratan dan Biaya Pembuatannya

Lihat Juga : SBU Konstruksi

Apa Pengertian SBU 2023?

Apa itu SBU Sertifikat Badan Usaha? SBU artinya sebuah dokumen sertifikat yang dikeluarkan sebagai tanda bukti resmi atas usaha yang dilakukan oleh suatu perusahaan di bidang jasa konstruksi. Sub bidang SBU sangat beragam sesuai dengan klasifikasi bidang usaha konstruksi yang dijalankan.

Kenapa perusahaan jasa konstruksi harus memiliki SBU? Apa fungsi atau kegunaan dari SBU tersebut?

Salah satu fungsi Sertifikat Badan Usaha (SBU) adalah syarat untuk ikut serta dalam lelang atau tender. Selain itu, SBU LLPJK juga dapat digunakan sebagai salah satu prasyarat membangun kerja sama dengan BUJKA dan BUJK Nasional. Berikut ini fungsi SBU lainnya, yaitu:

  • Persyaratan hukum di sektor jasa konstruksi.
  • Bukti kompetensi dalam melaksanakan bidang usaha sesuai klasifikasi dan kualifikasi jasa konstruksi.
  • Syarat kriteria pendirian usaha patungan untuk Penanaman Modal Asing (PMA).
  • Syarat pendaftaran perusahaan jasa penunjang migas.
  • Syarat pendaftaran jasa penunjang pertambangan.
  • Salah satu ketentuan untuk menghitung PPh atau pajak penghasilan jasa konstruksi.

Secara garis besar, SBU dibedakan menjadi tiga jenis. Jenis-jenis Sertifikat Badan Usaha (SBU) tersebut adalah SBU Jasa Konstruksi, SBU Konsultan Konstruksi, dan SBU Konsultan Non-Konstruksi.

SBU dikeluarkan oleh siapa? Pihak yang mengeluarkan SBU adalah Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) PUPR. Proses pembuatan sertifikat ini akan dibantu oleh Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU) dengan sistem OSS (Online Single Submission).

Anda dapat mempelajari proses pembuatan SBU online melalui berbagai sumber di internet. Selain itu, pastikan juga sudah memenuhi semua ketentuan dan persyaratan SBU 2023 agar proses pembuatan SBU berjalan dengan baik.

Masa berlaku SBU adalah tiga tahun semenjak tanggal ditetapkan sertifikat usaha tersebut. Pada tahun kedua dan ketiga, perusahaan wajib melakukan registrasi ulang. Setelah itu, perusahaan juga wajib melakukan perpanjangan SBU 2023 sebelum masa berlakunya habis.

Peraturan terbaru tentang SBU terdapat di dalam surat edaran PUPR tentang SBU 2022.

Lihat Juga : Syarat SBU 2023

Berapa Besarnya Biaya Pengurusan SBU 2023?

Berapa biaya pengurusan SBU? Besarnya biaya pembuatan SBU secara total berada pada kisaran Rp 1.500.000 hingga Rp 16.000.000. Biaya tersebut tergantung berbagai faktor, seperti gred, asosiasi perusahaan, jasa pembuatan SBU yang dipilih, dan berbagai faktor lainnya.

Biaya total pembuatan SBU 2023 tersebut sudah termasuk hitungan berbagai rincian keperluan dalam pengurusan pembuatan SBU. Misalnya, biaya pembuatan blangko SPU per lembar kurang lebih Rp 30.000 yang nantinya dikalikan dengan jumlah bidang perusahaan.

Selain itu, besarnya biaya pembuatan SBU untuk setiap gred kurang lebih Rp 55.000 hingga Rp 350.000. Harga tersebut nantinya dikalikan dengan jumlah sub bidang yang diambil oleh perusahaan.

Berikut ini kisaran atau perkiraan biaya untuk membuat SBU sesuai dengan gred, yaitu:

  • Pembuatan SBU Gred 2 membutuhkan biaya kurang lebih Rp 1.070.000.
  • Pembuatan SBU Gred 3 membutuhkan biaya kurang lebih Rp 1.760.000
  • Pembuatan SBU Gred 4 membutuhkan biaya kurang lebih Rp 2.535.000
  • Pembuatan SBU Gred 5 membutuhkan biaya kurang lebih Rp 5.035.000
  • Pembuatan SBU Gred 6 membutuhkan biaya kurang lebih Rp 7.185.000

Seluruh proses pembuatan SBU dapat dilakukan sendiri maupun menggunakan pihak penyedia jasa pengurusan SBU tertentu. Tentu saja, biaya pembuatan SBU secara mandiri dan menggunakan jasa akan berbeda.

Jika Anda mengurus seluruh proses pembuatan SBU sendiri, maka biaya yang dikeluarkan mungkin akan lebih murah. Namun, proses tersebut membutuhkan waktu yang panjang dan Anda harus mengorbankan waktu serta tenaga sendiri.

Mengurus SBU dengan bantuan jasa tertentu pastinya akan lebih menghemat waktu dan tenaga. Namun, biasanya biayanya akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan mengurus SBU sendiri.

Meskipun demikian, kini banyak penyedia jasa pembuatan SBU terpercaya yang menawarkan harga terjangkau atau bahkan diskon potongan harga. Selain itu, banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan menggunakan jasa pengurusan SBU seperti ini.

Namun, pastikan untuk memilih jasa pengurusan SBU terbaik agar mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Lihat Juga : Perbedaan SKA dan SKK

Apa Saja Syarat-syarat Pembuatan SBU 2023?

Sebelum memutuskan untuk daftar SBU, Anda harus memahami semua ketentuan dan  syarat pengurusan SBU 2023. Semua ketentuan dan syarat ini harus dipenuhi agar pembuatan SBU dapat diproses.

Apa saja syarat dalam pembuatan SBU? Berikut ini dokumen yang harus dipersiapkan sebagai syarat pembuatan SBU terbaru yang harus dipersiapkan, yaitu:

  • Data badan usaha berupa nama, NPWP, nomor telepon, alamat e-mail, dan data identitas badan usaha lainnya.
  • Data penanggung jawab atau PIC berupa nama, NPWP, alamat e-mail, nomor telepon, dan data pelengkap lainnya.
  • Data pemegang saham badan usaha.
  • Akta pendirian dan akta perubahan terakhir dari badan usaha.
  • SK Kumham
  • Pas foto terbaru dari PJBU atau Penanggung Jawab Badan Usaha setingkat direktur.
  • NIB dan BSAT.
  • BOQ/ RAB/ MPU
  • Akun OSS yang sudah diregistrasi dan diaktifkan.

Selain itu, syarat tenaga kerja juga harus dipenuhi. Berikut ini persyaratan tenaga kerja yang harus dipenuhi untuk mengurus SBU, yaitu:

  • Rincian daftar tenaga kerja konstruksi.
  • Sertifikat keahlian yang dimiliki sesuai dengan kualifikasi dan subklasifikasi.
  • Surat pernyataan tanggung jawab mutlak.
  • Lampiran daftar tenaga kerja konstruksi (PJBU dan PJSKBU).

Syarat data peralatan yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Syarat pernyataan pemenuhan kepemilikan peralatan konstruksi.
  • Surat pernyataan alat layak pakai dari badan usaha.
  • Bukti kepemilikan.
  • Hasil pemeriksaan pengujian alat.
  • Foto plat nama alat, tampak depan, samping, dan belakang.

Syarat ISO yang harus dipenuhi berupa sertifikat ISO 9001:2015, sertifikat ISO 37001:2016, dan lain sebagainya. Persyaratan ISO dapat diganti menggunakan surat pernyataan komitmen pengurusan ISO.

Sementara itu syarat data keuangan yang dibutuhkan adalah neraca keuangan badan usaha dan audit akuntan publik selama dua tahun terakhir.

Semua ketentuan dan syarat di atas harus dipenuhi agar bisa mengurus SBU dengan lancar. Pastikan setiap dokumen persyaratan juga sudah di scan dan tersimpan dalam format PDF. PDF dokumen-dokumen tersebut juga harus terlihat jelas dan tidak buram.

Semua dokumen perlu dipersiapkan dalam bentuk PDF atau digital untuk memudahkan proses pembuatan SBU secara online melalui sistem OSS.

Rekomendasi Terbaik Jasa Pembuatan SBU 2023

SBU 2023 dapat dibuat atau diurus secara mandiri oleh pemilik perusahaan badan usaha di bidang jasa konstruksi. Namun, waktu pengurusan cenderung lama dan membutuhkan proses yang panjang. Proses ini tentunya akan menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya.

Solusi lainnya untuk membuat SBU dengan praktis dan mudah adalah menggunakan jasa pengurusan Sertifikat Badan Usaha (SBU) dari https://pusatskk.com/ atau PSS Pusat SKK. Penggunaan jasa ini tentu saja akan lebih menghemat banyak waktu, tenaga, bahkan biaya yang dikeluarkan.

Anda hanya perlu mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam proses pembuatan SBU Jasa Konstruksi. Pihak PSS Pusat SKK juga akan membantu kelengkapan setiap dokumen yang diperlukan untuk syarat pembuatan SBU.

Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan agar Anda terhindar dari kekurangan dokumen kelengkapan pengurusan SBU. Ketika ada dokumen yang kurang, PSS Pusat SKK akan langsung memberikan informasi dan Anda bisa mempersiapkannya dengan cepat.

Selain itu, banyak keuntungan lainnya yang bisa diperoleh ketika menggunakan jasa PSS Pusat SKK dalam proses mengurus SBU Jasa Konstruksi. Berikut ini kelebihan dari jasa PSS Pusat SKK dan berbagai manfaat yang bisa didapatkan, yaitu:

  • Penyedia jasa terpercaya dan legal atau resmi.
  • Semua proses pembuatan SBU dapat dipantau dan terbuka untuk setiap client.
  • Proses pembuatan SBU lebih cepat dan praktis.
  • Sudah memiliki banyak pengalaman dan mampu bekerja secara profesional.
  • Memberikan layanan terbaik untuk setiap client.
  • Selalu mendapatkan review dan testimoni positif dari client sebelumnya.
  • Menawarkan biaya yang lebih terjangkau.

Anda dapat langsung memesan layanan jasa pengurusan SBU di PSS Pusat SKK dengan menghubungi ke nomor 0823-8226-8556. Selain telepon, Anda juga bisa mengirim e-mail ke official@pusatskk.com. Kantor pusat jasa ini berada di Jalan H Sutiono No 7, Pekanbaru, Riau.

Berbagai informasi lebih lengkap bisa diperoleh dengan mengunjungi website resmi dari Pusat SKK yaitu https://pusatskk.com/.

Penutup

SBU 2023 dapat dibuat dan diurus secara mandiri oleh pemilik usaha seperti Anda. Selain itu, cara membuat SBU 2023 lebih mudah dilakukan dengan memanfaatkan jasa pembuatan SBU terpercaya. Anda bisa memanfaatkan jasa dari https://pusatskk.com/ atau PSS Pusat SKK!

5/5 - (55520 votes)
Hubungi Kami
1
Hubungi Kami
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO