3 Persyaratan Pembuatan SKA Geoteknik Untuk Kerja

SKA Geoteknik atau sertifikat keahlian merupakan bukti dari kompetensi dari seorang tenaga ahli di bidang konstruksi. Sertifikat ini biasanya dikeluarkan oleh LPJK dengan beberapa persyaratan. Salah satu persyaratannya adalah adanya minimal pendidikan.

3 Persyaratan Pembuatan SKA Geoteknik Untuk Kerja
3 Persyaratan Pembuatan SKA Geoteknik Untuk Kerja

Sebenarnya sudah ada banyak SKA di berbagai bidang seperti elektrikal, arsitek, sipil, tata lingkungan dan geoteknik. Seorang ahli geoteknik merupakan ahli yang memiliki kemampuan dalam pengukuran tanah dan jenis-jenis tanah. Simak selengkapnya berikut ini.

Manfaat Memiliki Sertifikat Keahlian

Bagi Anda yang baru lulus dari bidang geoteknik penting sekali untuk memiliki sertifikat keahlian karena ada banyak manfaatnya. SKT geoteknik bisa dijadikan sebagai bukti bahwa Anda itu kompeten dalam bidang tersebut. Apa saja manfaatnya? Ini dia ulasannya:

Baca Juga : SBU Online 2022

1. Memudahkan dalam Mengembangkan Karier di Masa Depan

Manfaat pertama adalah dapat mengembangkan karier yang ada di masa depan. Bagi Anda yang memiliki sertifikat keahlian tentu karier di masa depan akan menjadi lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana cara kerja Anda dari hari ke hari menjadi seorang profesional.

2. Mudah Menyelesaikan Pekerjaan Secara Profesional

Anda sudah mendapatkan SKA geoteknik jadi lebih mudah menyelesaikan pekerjaan secara profesional. Seseorang yang sudah memiliki sertifikat keahlian maka orang tersebut sudah dididik menjadi seorang profesional.

Hal ini tentu saja berkaitan dengan bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan dari hari ke hari. Hal ini tentu akan berdampak baik pada perusahaan dan tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan akan menaikkan jabatan Anda.

3. Berguna Sebagai Tanda Keahlian Seseorang

Tugas ahli geoteknik berkaitan dengan pengukuran tanah, jadi sebagai tanda bahwa Anda memang ahli di bidangnya maka dibutuhkan sebuah sertifikat. Sertifikat tersebut akan membuat perusahaan percaya bahwa Anda memang ahli pada bidang geoteknik.

Sertifikat juga bisa menjadi bahan pertimbangan perusahaan apakah akan menerima Anda atau tidak untuk bekerja dan mengisi posisi yang kosong. Oleh karena itu segera buat sertifikatnya karena caranya sama seperti cara mendapatkan ska teknik sipil.

Persyaratan Umum Pembuatan Sertifikat Keahlian

Tentu saja untuk mendapatkan sertifikat keahlian harus melengkapi beberapa persyaratannya. Ada tiga tingkatan dalam keahlian geoteknik yaitu muda, madya dan utama. Adapun untuk persyaratannya adalah sebagai berikut:

1. Persyaratan Ahli Geoteknik Muda

Adapun untuk seorang calon ahli geoteknik muda memiliki beberapa persyaratan. Persyaratan pertama adalah minimal lulusan D3 dari bidang terkait dengan pengalaman minimal 5 tahun. Jika Anda merupakan lulusan S1 pengalamannya harus minimal 2 tahun.

Sedangkan bagi Anda yang ingin mendapatkan SKA geoteknik dan merupakan lulusan S2 maka minimal pengalamannya adalah 1 tahun.

2. Persyaratan Ahli Geoteknik Madya

Jika ingin mendapatkan sertifikat ahli geoteknik seperti SKA pengairan maka persyaratannya adalah minimal menjadi lulusan S1 sesuai bidangnya dengan pengalaman kerja minimal 7 tahun. Sedangkan untuk lulusan S2 pengalamannya minimal 2 tahun.

3. Persyaratan Ahli Geoteknik Utama

Sedangkan untuk tingkat tertinggi adalah ahli geoteknik utama. Jika ingin mendapatkan kode SKA terbaru maka persyaratannya adalah jika ahli tersebut lulusan S1 maka pengalaman kerjanya minimal 12 tahun.

Adapun jika orang tersebut adalah lulusan S2 dan ingin menjadi seorang ahli geoteknik utama maka pengalaman kerjanya minimal 5 tahun. Jika sudah sesuai dengan persyaratan maka Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

Penutup

Sekarang pembuatan SKA geoteknik sudah lebih mudah karena Anda bisa mengurusnya secara online. Anda bisa mengunjungi laman https://pusatskk.com/ untuk mengurus SKA/SKK online dengan cepat dan mudah.

Hubungi Kami
Hubungi Kami
Saya ingin membuat SKK, SBU, & ISO